Kemenkumham Lelang Jabatan Dirjen Imigrasi untuk Non-PNS


287 view
Kemenkumham Lelang Jabatan Dirjen Imigrasi untuk Non-PNS
Foto : ist
Kantor Kemenkumham.

Jakarta (SIB)


Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melakukan seleksi terbuka untuk jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi khusus dari kalangan non-Pegawai Negeri Sipil (PNS). Padahal, Imigrasi memiliki fungsi, pelayanan, intelijen, keamanan, penegakan hukum hingga penjaga kedaulatan gerbang negara. Ada apa kok akan diserahkan ke non-PNS?

Padahal Dirjen Imigrasi sudah melakukan lelang terbuka bagi kalangan PNS di pusat maupun daerah, prajurit TNI, hingga anggota Polri. Hasilnya 10 nama lolos dan tinggal penentuan. Tiba-tiba muncul seleksi tahap 2 untuk non-PNS. "Dari kalangan PNS itu kan sudah berjalan tahapannya, ini dibuka satu lagi untuk non-PNS. Nanti sama-sama diseleksi kemudian disodorkan, dipilih lagi mana yang akan jadi (Dirjen Imigrasi)," kata Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kemenkumham Hantor Situmorang sebagaimana dikutip dari detikfinance, Jumat (30/9).

Pengumuman seleksi tahap 2 itu tertuang dalam surat nomor SEK-KP.03.03-671. Surat ditandatangani oleh Sekjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto selaku Ketua Panitia Seleksi.

"Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Kemenkumham, bagi kalangan non-PNS yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka," tulis surat pengumuman tersebut.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Dirjen Imigrasi, yakni WNI yang memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah pascasarjana, memiliki kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural. Selanjutnya calon pelamar tidak boleh pernah dipidana penjara dan tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat dari PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Polri, atau pegawai swasta. Sebaliknya, dia harus memiliki rekam jejak jabatan, integritas, dan moralitas yang baik.

Seleksi terbuka ini dilakukan dalam enam tahapan. Dimulai dengan tahapan pengumuman pada 27 September 2022. Lalu, tahapan pendaftaran dibuka dari 27 September-11 Oktober 2022.

Tahapan berikutnya yaitu pengumuman hasil seleksi administrasi 13 Oktober 2022, seleksi kompetensi bidang (penulisan makalah) 17 Oktober 2022, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural (asesmen) 18-20 Oktober 2022, dan ditutup dengan tahapan wawancara 7 November 2022. Yang berminat bisa melakukan pendaftaran diri melalui laman https://pansel.kemenkumham.go.id dan mencetak tanda bukti pendaftaran paling lambat 11 Oktober 2022 pukul 16.00 WIB. (detikcom/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com