Kemenkumham Punya Tradisi Baru Wisuda Pegawai yang Pensiun


148 view
Kemenkumham Punya Tradisi Baru Wisuda Pegawai yang Pensiun
Foto: Tangkapan layar video Kemenkumham
Prosesi wisuda Purnabakti Pengayoman.

Jakarta (SIB)

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengukuhkan 1.076 wisudawan dan wisudawati Purnabakti Pengayoman. Wisudawan dan wisudawati pengayoman yang dimaksud adalah pegawai Kemenkumham yang telah memasuki masa pensiun.


Prosesi pengukuhan wisudawan dan wisudawati Purnabakti Pengayoman ini dipimpin Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly. Peserta terdiri dari mereka yang pensiun pada Senin, 1 Agustus 2022.


"Prosesi wisuda Purnabakti Pengayoman ini merupakan terobosan baru yang akan menjadi tradisi Kemenkumham dalam melepas insan-insan pengayoman terbaik yang telah melewati purnatugas (pensiun)," kata Sekjen Kemenkumham Andap Budhi Revianto dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8).


Andap menuturkan Wisuda Purnabakti Pengayoman rencananya menjadi tradisi baru yang masuk dalam kalender tahunan Kemenkumham, yakni 'Hari Dharma Karya Dhika' (HDKD). Dari 1.076 orang memasuki Purnabakti, sebanyak 78 orang mengikuti wisuda secara tatap muka di Graha Pengayoman, Jakarta, sementara 998 orang lainnya menghadiri wisuda secara virtual di daerah tugas masing-masing.


"Prosesi wisuda berlangsung dengan penuh khidmat. Pegawai yang telah purnatugas akan menerima piagam sebagai tanda bahwa yang bersangkutan telah lulus melaksanakan pengabdian dengan baik di Kemenkumham," tutur dia.


"Para wisudawan dan wisudawati selanjutnya mengikuti prosesi pelepasan melalui Upacara Pedang Pora, dengan cara melewati pasukan Taruna Poltekip/Poltekim yang tergelar dengan formasi payung pedang membentuk gapura yang merupakan rangkaian pedang kehormatan," sambung Andap.


Andap menerangkan tujuan Wisuda Purnabakti Pengayoman adalah untuk mengapresiasi dan menghormati para pegawai yang telah selesai masa baktinya. Menurut Andap, dedikasi yang tinggi dari para Wisudawan dan Wisudawati ini patut mendapatkan penghargaan. (detikcom/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com