Audiensi ke Kantor Harian SIB

Kemensetneg Ajak Harian SIB Isi Ruang Publik untuk Indonesia Tangguh dan Maju


185 view
Kemensetneg Ajak Harian SIB Isi Ruang Publik untuk Indonesia Tangguh dan Maju
Foto: SIB/Horas Pasaribu
CENDERAMATA: Asisten Deputi Humas Kemensetneg, Eddy Cahyono Sugiarto (tengah) didampingi Kadis Kominfo Pemprov Sumut Abdul Aziz Batubara, menyerahkan cenderamata plakat kepada Harian SIB, yang diterima Wakil III Pemred Anton Panggabean SE MSi (kiri) saat beraudiensi di kantor SIB, Selasa (30/11).
Medan (SIB)
Kementrian Sekretaris Negara (Kemensetneg) mengajak Harian Sinar Indonesia Baru (SIB) berkolaborasi dan bersinergi memuat berita positif di ruang publik. Ajakan itu disampaikan Asisten Deputi Hubungan Masyarakat, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Eddy Cahyono Sugiarto yang berkunjung ke kantor Redaksi harian SIB di Jalan Brigjen Katamso Medan, Selasa (30/11).

"Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden agar segera mendorong transformasi digital khususnya di dunia pemerintahan supaya bisa memberikan pelayanan terbaik. Memudahkan penyebaran informasi-informasi yang bersifat positif. Jadi kita ingin mengisi ruang publik dengan optimisme, Indonesia Tangguh, Indonesia Maju," ucap Eddy.

Saat pertemuan itu, Eddy bersama stafnya didampingi Plt Kadis Kominfo Sumut Abdul Aziz Batubara. Kedatangan mereka diterima Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian SIB, GM Immanuel Panggabean BBA diwakili Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) III, Anton Panggabean.

Eddy mengatakan, di masa pandemi ini, negara selalu hadir di masyarakat. Meskipun Negara-negara lain banyak yang terpuruk tak mampu menghadapi masa pandemi, namun Indonesia tetap stabil. Misalnya Mandalika, pembangunan infrastruktur gencar dilakukan . Itu menunjukkan negara hadir untuk kemajuan. Tapi kemajuan tidak bisa berjalan tanpa dukungan ruang publik optimisme terhadap pembangunan.

Lanjut Eddy, peran media massa khususnya media konvensional sebagai mitra strategis untuk membantu memberitakan hal-hal positif kepada masyarakat demi menangkal banyaknya berita hoax yang beredar.

"Itulah peran media massa, media konvensional mitra strategis. Kepercayaan publik itu dekat dengan media konvensional, karena tingkat keakurasiannya dapat dipercaya. Ini sangat membantu mendorong optimisme ruang publik sehingga pemerintah sangat menaruh harapan besar sinergitas, kolaborasi dengan media konvensional seperti Koran SIB," ucapnya.

Selain itu, Eddy juga berharap kerjasama dengan koran SIB. Kerjasama itu, maksud Eddy adalah adanya program-program di Kemensetneg yang bernama inovasi. "Kemensetneg juga berharap kerjasama dengan SIB. Kami punya program-program di Kemensetneg yang namanya inovasi, karena pak menteri sangat konsen untuk inovasi. Jadi apabila koran SIB ingin mengetahui soal bagaimana kantor kepresidenan atau bagaimana cara mengelola data yang harus dipublikasi Kemensetneg, silahkan hubungi kami. Kami juga berharap agar Kemensetneg menjadi role mode. Yang mau kerjasama, ayok. Kami punya modelnya . Sehingga apa yang diharapkan Pak Presiden, meningkatkan transformasi digitalisasi di Indonesia dapat terlaksana," tegasnya.

Ke depan, lanjut Eddy, pihaknya akan terus mengampanyekan pemanfaatan digitalisasi. Karena menurutnya, ke depan Indonesia harus dapat mentransformasi kebutuhan dengan pemanfaatan digital seperti di Humas Kepresidenan. "Katakanlah soal protokol kepresidenan, perundang-undangan. Kawan-kawan di Pemda kan tak perlu lagi harus ke Jakarta. Tinggal akses situs setiap lembaga yang hendak dimintai datanya," terangnya.

Sementara Anton Panggabean mengapresiasi kebijakan Kemensetneg untuk mentransformasi digitalisasi khususnya tentang pemberitaan yang positif agar dapat diketahui masyarakat. "Pada intinya saya mewakili Pimpinan Harian SIB bapak GM Immanuel Panggabean siap mendukung, apabila ada kerjasama dari Kemensetneg," ucapnya. (A17/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com