Kepala BPIP Harap R20 Lahirkan Solidaritas Umat Beragama Seluruh Dunia


137 view
Kepala BPIP Harap R20 Lahirkan Solidaritas Umat Beragama Seluruh Dunia
Foto : Istimewa
Yudian Wahyudi

Jakarta (SIB)


Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi turut menghadiri acara Forum para pemimpin agama dunia atau Forum Religion Twenty (R20) dalam rangkaian kegiatan G20. Ia mengatakan forum R20 ini harus menjadi momentum dalam penyelesaian permasalahan kemanusiaan di dunia dari perspektif religiusitas, dan menawarkan Pancasila untuk mengedepankan dialog dalam permasalahan global.

"Kita tawarkan Pancasila sebagai cerminan dari nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, dan keadilan untuk mengedepankan dialog dalam permasalahan global yang terjadi saat ini," ujar Yudian dalam keterangan tertulis, Jumat (4/11).

Ia juga berharap dari R20 ini akan lahir solidaritas umat beragama di seluruh dunia untuk bersatu memulihkan situasi global pasca pandemi Covid-19 dan krisis global.

"Semoga permasalahan yang sudah disampaikan para delegasi dari setiap negara peserta konferensi, dapat kita tindak lanjuti dengan bergotong royong, empati, bahu membahu membangun peradaban yang semakin baik," harap Yudian.

Sebagai informasi, Forum Agama G20 atau R20 digelar PBNU bersama Liga Muslim Dunia atau Muslim World League (MWL) di Nusa Dua, Bali, pada 2-3 November 2022. Ada 338 partisipan yang terkonfirmasi hadir pada perhelatan R20, yang berasal dari 32 negara. Sebanyak 124 berasal dari luar negeri. Forum tersebut menghadirkan 45 pembicara dari lima benua.

Presiden Jokowi turut menyampaikan sambutannya secara daring. Selain itu, hadir pula dalam pembukaan R20, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Jenderal Rabitah al-'Alam al-Islami atau Liga Muslim Dunia, Syekh Mohammed Al-Issa, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayor Jenderal TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya serta Anggota Dewan Pengarah, Rikard Bagun. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com