Ketersediaan Stok Vaksin Covid-19 di Sumut Terbatas

* Gubernur Ajukan Penambahan 2 Juta Dosis Vaksin ke Kemenkes

212 view
Ketersediaan Stok Vaksin Covid-19 di Sumut Terbatas
Foto Dok/Leo Bukit
dr Aris Yudhariansyah MM
Medan (SIB)
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengatakan ketersediaan vaksin dosis pertama dalam keadaan terbatas.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah MM mengatakan jumlahnya memang dalam keadaan terbatas.

Untuk itu, Aris menambahkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga telah membuat pengajuan ke Kementerian Kesehatan RI untuk penambahan dua juta dosis vaksin Covid-19.

Selain itu, kata dia, saat ini Sumut juga akan lebih memfokuskan pemberian vaksin dosis kedua ketimbang pertama. Hal ini, diakui Aris, karena jarak jumlah orang yang divaksin antara dosis pertama dan kedua terpaut terlalu jauh.

"Selisihnya jauh kali. Jadi kita sekarang akan menyelesaikan dosis dua dulu karena deadlinenya (jangka waktu vaksinasi) saat ini juga sudah dekat," kata Aris Yudhariansyah kepada jurnalis harianSIB.com, Jumat (23/7).

Begitu juga untuk vaksinasi di RS Paru Dinas Kesehatan Sumut, tambah Aris, dalam waktu dekat ini juga akan lebih difokuskan untuk pemberian vaksin dosis dua. "Jadi kita tunggu distribusi tambahan vaksin untuk Sumut," ujarnya.

Terkait isu vaksin dosis pertama seakan hilang karena stok vaksin digunakan untuk vaksinasi yang digelar di eks Bandara Polonia, ia membantah kabar tersebut. "Mana ada itu, itu hanya isu," tegasnya.

Ia kembali menegaskan vaksin yang sampai ke Provinsi Sumut ini minim ataupun terbatas. Disinggung berapa jumlah vial vaksin yang sudah sampai, ia enggan merincinya.

Disinggung berapa jumlah anggaran yang telah terpakai untuk menangani pandemi Covid-19 di Sumut, Aris yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut tidak mengetahuinya.

"Kalau itu jangan tanyakan kepada saya karena tidak tau, silahkan tanyakan ke bagian BKD provinsi, soalnya itu kan anggaran," tutupnya. (SS6/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com