Ketua DPD Ajak Ulama Sosialisasi Amandemen Ke-5 Konstitusi


112 view
Ketua DPD Ajak Ulama Sosialisasi Amandemen Ke-5 Konstitusi
Foto: Dok. DPD RI
AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Jakarta (SIB)
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengunjungi Pondok Pesantren Ar-Roudhoh pimpinan Habib Mahdi Asegaf Syababul Kheir di Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/10).

Dalam kunjungannya, LaNyalla menyampaikan tentang urgensi amandemen ke-5 konstitusi. Selain itu, ia membahas soal pentingnya peran ulama dalam pembangunan negeri, termasuk untuk mempertahankan keutuhan dan membangun kemajuan bangsa.

"Maka dari itu, saya mengharapkan peran ulama dalam hal menjaga keutuhan dan mendorong kemajuan bangsa bisa seirama dengan apa yang diperjuangkan DPD RI," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/10).

Lebih lanjut LaNyalla menjelaskan untuk memajukan bangsa, para ulama dapat melakukan sosialisasi Amandemen ke-5 konstitusi kepada jamaah dan masyarakat lapisan bawah.

"Masyarakat harus mendapatkan edukasi terkait rencana Amandemen ke-5. Saya berharap para ulama bisa menyampaikan kepada para jemaah dan masyarakat luas untuk memberikan pencerahan betapa strategisnya Amandemen ke-5 konstitusi," tuturnya.

Senator asal Jawa Timur ini menjelaskan Amandemen ke-5 konstitusi bukan hanya merupakan kepentingan DPD RI, namun juga memperjuangkan hak konstitusional masyarakat. Menurutnya, siapa pun berhak berkontribusi terhadap perbaikan nasib bangsa, termasuk ulama.

"Sebagai warga negara saya yakin banyak yang ingin berkontribusi terhadap kemajuan bangsa ini, tak terkecuali dari kalangan ulama. Namun, ada hal-hal yang membuat kontribusi tersebut sulit tersalurkan. Maka, Amandemen ke-5 Konstitusi ini adalah upaya mengoreksi arah perjalanan bangsa sebagaimana dicita-citakan oleh para pendiri bangsa," katanya.

Senada dengan LaNyalla, Habib Mahdi Assegaf pun mendukung penuh soal Amandemen ke-5 Konstitusi. Menurutnya, ini menjadi momen tepat bagi ulama untuk ikut berperan membangun bangsa Indonesia. Ia pun mengaku siap untuk melakukan sosialisasi di kalangan ulama dan masyarakat luas.

"Insyaallah kami siap me-support perjuangan beliau (LaNyalla). Sosialisasi tidak hanya di kalangan masyarakat saja, tetapi juga di kalangan para ulama dan habaib, bagaimana kami bisa menyatukan gerak langkah, seiring seirama dengan perjuangan Pak LaNyalla di parlemen," katanya.

Sebagai informasi, dalam kunjungannya, LaNyalla turut ditemani Senator asal Lampung Bustami Zainudin, Tamsil Linrung (Sulawesi Selatan), Sekretaris Jenderal DPD RI Rahman Hadi, Deputi Administrasi DPD RI Lalu Niqman Zahir, dan lainnya. Kunjungan rombongan senator ini juga disambut Habib Mahdi Assegaf dan KH Abah Raodl Bahar Bakry. (detikcom/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com