Ketua DPRD SU Apresiasi Menteri LHK Izinkan Kawasan Hutan Jadi Jalan Alternatif Medan-Berastagi

* Jalan Alternatif Jurusan Jaranguda-Sembaikan-Kutalimbaru-Tuntungan Bisa Atasi Kemacetan

194 view
Ketua DPRD SU Apresiasi Menteri LHK Izinkan Kawasan Hutan Jadi Jalan Alternatif Medan-Berastagi
Foto: Ist/harianSIB.com
Drs Baskami Ginting.

Medan (SIB)

Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengapresiasi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang mengizinkan pemakaian sebagian kawasan hutan lindung untuk digunakan sebagai jalan alternatif Medan - Berastagi, guna mengatasi kemacetan yang sangat parah di Jalan Jamin Ginting jurusan Medan - Berastagi.


"Dengan adanya persetujuan tersebut, jalan alternatif Medan-Berastagi yang routenya dari Desa Jaranguda Berastagi - Sembaikan - Desa Kutalimbaru - Tuntungan - Pancurbatu Kabupaten Deliserdang sudah bisa dimulai pembangunannya dan tentunya akan bisa mengatasi kemacetan di jalur lama," tegas Baskami Ginting kepada wartawan, Selasa (2/8) di DPRD Sumut.


Ditambahkan politisi PDI Perjuangan Sumut ini, semua pihak patut mendukung kebijakan Menteri LHK tersebut, mengingat masalah besar yang selama ini dihadapi masyarakat sampai mengganggu aktivitas perekonomian, kini secara perlahan bisa diatasi dengan akan dibangunnya jalur alternatif dimaksud.


"Jalan alternatif itu tidak hanya untuk Tanah Karo, tapi juga Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas hingga Aceh Singkil yang merupakan daerah pemasok sayuran ke Kota Medan dan Deliserdang, sehingga sangat mendesak dipercepat pembangunannya, agar jalur logistik tidak terganggu," tambahnya.


Berkaitan dengan itu, Baskami meminta Pemprov Sumut mengkebut pembangunannya, mengingat anggarannya sudah dialokasikan dalam paket proyek multiyears (tahun jamak) sebesar Rp2,7 triliun yang sudah mulai diluncurkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.


"Pembangunan jalan alternatif sukses, diyakini mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Tanah Karo dan sekitarnya.


Dengan sendirinya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.


Sebelumnya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjelaskan, jalur alternatif Medan-Berastagi itu nantinya melintasi kawasan Taman Hutan Raya Bukit Barisan dan permohonannya sedang diproses di Kementerian LHK, diharapkan tidak ada lagi kendala.


"Pada prinsipnya bu Menteri LHK mendukung dan menyetujui serta akan mempercepat proses perizinan penggunaan kawasan hutan Taman Hutan Raya Bukit Barisan tersebut, sehingga pembangunan jalan sepanjang kurang lebih 12,67 Km yang merupakan bagian dari Rencana Strategis Provinsi Sumut bisa berjalan lancar," katanya.(A4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com