Ketua DPRD SU Dorong Bupati Karo Lanjutkan Pembangunan Jalan Alternatif Karo-Deliserdang

* Gubernur Disebut Berusaha Fasilitasi Pertemuan dengan Menteri LHK

252 view
Ketua DPRD SU Dorong Bupati Karo Lanjutkan Pembangunan Jalan Alternatif Karo-Deliserdang
(Foto Dok/DPRD Sumut)
BAHAS JALAN TEMBUS: Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting bertemu dengan Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang membahas pembangunan jalan tembus Desa Rumah Liang Kabupaten Deliserdang-Desa Serdang Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo, sebagi jalan alternatif Medan-Berastagi, Jumat (30/4) di Kantor Bupati Karo.
Medan (SIB) -Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mendesak Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang melanjutkan proses pelaksanaan pembangunan jalan tembus dari Desa Rumahliang di Kabupaten Deliserdang ke Desa Serdang di Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo. Ruas jalan itu merupakan jalan alternatif menghindari kemacetan parah Medan - Berastagi.

Hal itu disampaikan Baskami Ginting kepada wartawan, Sabtu (1/5) melalui telepon di Medan seusai bertemu Bupati Karo Cory Sriwati Br Sebayang di Kantor Bupati Kabanjahe, Jumat (30/4) membahas tindaklanjut pembangunan jalan alternatif Karo - Deliserdang.

Seperti diketahui, ujar Baskami, rencana pembangunan jalan alternatif menuju Medan - Berastagi di jalan melalui Desa Serdang Kecamatan Barusjahe Kabupaten Karo menuju Desa Rumahliang Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deli serdang (Desa Liangpematang) yang sudah dirintis Bupati Deliserdang bersama mantan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, perlu segera ditindaklanjuti.

Menurut Baskami, berdasarkan hasil survei, masih ada jalan setapak dari Desa Serdang yang harus dilalui berkisar 2-3 jam berjalan kaki melewati kawasan hutan, melintasi Desa Liangpematang, Desa Buntu, Desa Tigajuhar hingga tembus ke Lubukpakam, ibu kota Deliserdang, sehingga perlu terus diperjuangkan hingga terealisasi.

Baskami juga mengaku sudah bertemu Gubernur Sumut, Bupati Deliserdang dan Bupati Karo di rumah dinas gubernur beberapa waktu lalu dan sepakat untuk percepatan pembangunan jalan tembus Kabupaten Karo - Kabupaten Deliserdang ini.

"Kita sekarang harus berjuang agar KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) mengeluarkan izin pinjam pakai kawasan hutan. Gubernur terus berusaha untuk memasilitasi pertemuan dengan Menteri LHK di Jakarta," ujar Baskami.

Oleh karena begitu besarnya dukungan Pemprov Sumut terhadap rencana pembangunan jalan tembus ini, tambah Baskami, pihaknya berharap kepada Bupati Karo lebih serius dalam perencanaannya. Lembaga legislatif siap mengawal hingga terlaksananya pembangunan jalan tersebut.

Menanggapi hal itu, Cory Sebayang sangat mengapresiasi dorongan Ketua DPRD Sumut dan pihaknya berjanji akan menuntaskan kekurangan persyaratan, untuk menjadi satu bagian dalam paket rencana pembangunan jalan tembus Karo - Deliserdang tersebut.(A04/c).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com