Ketua KPK Ingin Gandeng Polri Jadikan Polwan Agen Antikorupsi


114 view
Ketua KPK Ingin Gandeng Polri Jadikan Polwan Agen Antikorupsi
Andhika Prasetia/detikcom
Ketua KPK Firli Bahuri
Jakarta (SIB)
Ketua KPK Firli Bahuri berniat menjadikan Polisi Wanita (Polwan) agen antikorupsi. Para Polwan itu disebut Firli akan menjadi garda terdepan untuk menyampaikan pesan-pesan antikorupsi.

"KPK memandang perlu meningkatkan kerja sama dengan Polri untuk menjadikan Polwan sebagai agen pencegahan tindak pidana korupsi," ucap Firli kepada wartawan, Rabu (1/9).

Hal itu disampaikan Firli sekaligus memperingati Hari Polwan, yang jatuh setiap 1 September. Mengenai kerja sama dengan Polri itu, Firli mengatakan akan mengadakan pelatihan dalam tema 'Agen Pembangun Integritas dan Penyuluh Antikorupsi'.

Firli mengatakan, dengan tugas Polwan yang selalu di lapangan, pasti memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan-pesan antikorupsi. Polwan juga dinilai memiliki peran pendukung dalam penanganan Covid-19.

"Mengingat keseharian tugasnya di lapangan yang membuat mereka bertemu dengan banyak orang, kami yakin Polwan yang menjadi kader agen pembangun integritas dan penyuluh antikorupsi akan menyampaikan pesan-pesan antikorupsi lebih luas lagi ke tengah masyarakat," kata Firli.

"Polwan yang menjadi agen pembangun integritas dan penyuluh antikorupsi akan semakin menaikkan citra positif institusi Bhayangkara dalam hal pemberantasan korupsi di Indonesia dan membentuk klaster-klaster antikorupsi, baik di institusi Polri maupun di tengah masyarakat," sambungnya. (dhn/fjp)

Harus Seimbang
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta kepada seluruh Polisi Wanita (Polwan) agar seimbang menjalankan tugasnya sebagai personel kepolisian dan juga ibu rumah tangga.

Sigit meminta, Polwan yang sudah berkeluarga, memiliki peran lain ketika selesai menjalani tugasnya sebagai prajurit Bhayangkari. Namun, sembari menjalani tugas, Polwan harus tetap berperan penting bagi keluarga.

"Disatu sisi sebagian rekan-rekan memiliki tugas sebagai polisi, disisi lain tentunya bagi memiliki keluarga rekan-rekan Polwan juga memiliki peran ibu rumah tangga. Ini peran yang harus dijalankan seimbang," kata Sigit dalam acara syukuran HUT Polwan ke-73 RI di Mabes Polri, Jakarta Selatam, yang disiarkan secara virtual, Rabu (1/9/2021).

Oleh sebab itu, mantan Kapolda Banten ini menekankan, Polwan harus bisa menjadi teladan bagi Polri, masyarakat dan keluarganya.

"Ada beberapa hal yang saya tekankan jadilah teladan bagi masyarakat, jadilah teladan di lingkungan Polri, dan jadilah teladan di lingkungan keluarga," ujar Sigit.

Sementara itu, Sigit juga meminta kepada seluruh jajaran Polwan untuk terus berperan aktif dalam menangani situasi Pandemi Covid-19 atau virus corona dewasa ini.

"Terus berperan aktif dan kontribusi tangani situasi Covid-19 yang saat ini kita kelola. Sehingga kita semua bisa tangani dengan baik dan masyarakat bisa aktivitas dengan baik," tutup Sigit. (Okz/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com