Ketua KPK Serukan Perang Badar Lawan Korupsi

* Sekjen dan 1.269 Pegawai yang Lolos TWK Dilantik Jadi ASN

241 view
Ketua KPK Serukan Perang Badar Lawan Korupsi
Antara/M. Risyal Hidayat
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri 
Jakarta (SIB)
Ketua KPK Firli Bahuri meminta para pegawainya yang dilantik menjadi ASN untuk 'perang Badar' dalam melawan korupsi. Hal itu dikatakan saat pelantikan pegawainya menjadi ASN.

"Dengan menjadi manusia yang adil dan beradab, insyaallah sila ketiga Persatuan Indonesia akan menjadi kekuatan segenap bangsa Indonesia dalam 'perang Badar' melawan korupsi," kata Firli saat memimpin proses pelantikan pegawainya menjadi ASN di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Selasa (1/6).

Menurut Firli, kejahatan korupsi akan berdampak pada tujuan negara. Dengan itu, Firli menyebut pemberantasan korupsi adalah semangat dari KPK.

"Kejahatan kemanusiaan yang dampak destruktifnya bukan sekadar merugikan keuangan negara semata, namun lebih dari itu, menghancurkan dan menggagalkan terwujudnya tujuan negara dan masa depan bangsa. Itulah semangat KPK dalam memberantas korupsi dalam mewujudkan tujuan negara," ujarnya.

"Agar efektif dan terukur, cepat, dan efisien, perang melawan korupsi seyogianya harus dengan penuh hikmat dan kebijaksanaan sebagaimana esensi dari sila keempat Pancasila," tambahnya.

Firli mengatakan tujuan perang bersama melawan korupsi adalah mewujudkan keadilan sosial. Dia berharap, dengan perang itu, korupsi bisa sirna di Indonesia.

"Perang bersama melawan korupsi yang mengakar di negeri ini tentunya untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, seperti yang termaktub dalam sila kelima Pancasila, di mana impian dan harapan ini dapat menjadi keniscayaan tatkala korupsi benar-benar sirna dari Bumi Pertiwi NKRI," katanya.

DILANTIK
Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri telah melantik Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa serta Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. Keduanya disumpah menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Pelantikan digelar di aula Gedung Juang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (1/6). Pengangkatan keduanya berdasarkan keputusan Presiden RI Nomor 87/PPA Tahun 2021 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan KPK. Sumpah jabatan diucapkan Firli, kemudian diikuti oleh keduanya.

Keduanya sudah mendapatkan nomor induk pegawai. Setelah disumpah, keduanya resmi menjadi PNS. Firli juga memberikan identitas dan seragam Kopri kepada keduanya.

1. Cahya Hardianto Harefa NIP 197005112021061001 Pembina Utama IV-E sebagai PNS, sebagai Sekjen KPK

2. Pahala Nainggolan NIP 196502162021061001 Pembina Utama IV-E sebagai PNS, Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK.

Setelah membaca sumpah, keduanya menandatangani sumpah PNS dan jabatan itu. Mereka juga menandatangani pakta integritas.

Firli Bahuri juga membacakan naskah pelantikan. Firli meyakinkan keduanya mampu mengemban tugas baru.

Selain itu, Firli juga mengambil sumpah jabatan beberapa deputi KPK. Mereka adalah Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto, Plt Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, dan Mochammad Hadiyana Deputi bidang Informasi dan Data KPK.

Resmi Lantik
Pada kesempatan itu, Sekjen KPK Cahya Hardianto Harefa juga melantik 1.269 pegawai yang lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) menjadi aparatur sipil negara (ASN). Para pegawai KPK itu mengucap sumpah jabatan.

Pelantikan pegawai yang lulus TWK ini digelar di aula Gedung Juang KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (1/6), pukul 15.30 WIB. Sumpah jabatan diucapkan Cahya, kemudian diikuti oleh para pegawai KPK yang dilantik.

Plt Jubir KPK Ali Fikri mengatakan pelantikan ini hanya dihadiri sebagian pegawai sebagai perwakilan. Hal ini bertujuan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes). Pegawai lainnya hadir secara daring dan wajib melakukan absensi. (detikcom/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com