Ketua MPR RI Apresiasi Keberanian Presiden Jokowi Bawa Misi Damai ke Rusia-Ukraina

* MUI Dukung Jokowi Bawa Misi Perdamaian

282 view
Ketua MPR RI Apresiasi Keberanian Presiden Jokowi Bawa Misi Damai ke Rusia-Ukraina
Foto : BPMI Setpres
Presiden Jokowi.

Jakarta (SIB)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi keberanian Presiden Joko Widodo membawa misi perdamaian saat berkunjung Ukraina. Langkah ini menjadikan Jokowi sebagai kepala negara pertama dari Asia yang mengunjungi Ukraina setelah invasi Rusia (24/2) lalu.


Diketahui, untuk mencapai Ukraina ini, Jokowi menempuh perjalanan selama kurang lebih 11 jam menggunakan kereta api dari Polandia.


"Sebuah perjalanan luar biasa, menunjukkan besarnya kesungguhan hati Presiden Joko Widodo membawa misi perdamaian. Sekaligus menjalankan amanat konstitusi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam rangka ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/6).


Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan sebagai pemimpinG-20, Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo punya peran strategis untuk meredakan ketegangan yang terjadi antara kedua negara. Langkah Jokowi mengunjungi Ukraina dan Rusia disebutnya telah merawat tradisi para pemimpin Indonesia yang selalu concern dalam menjaga perdamaian dunia.


"Indonesia telah memiliki pengalaman panjang sejak era Presiden Soekarno dalam mewujudkan perdamaian dunia. Salah satunya melalui Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 yang menghasilkan Gerakan Non Blok guna menentang berbagai tindakan imperialisme, kolonialisme, neokolonialisme, apartheid, rasisme dan segala bentuk agresi militer, pendudukan, dominasi, interferensi atau hegemoni dan menentang segala bentuk blok politik," jelas Bamsoet.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com