Komisi I DPR dan BIN Rapat Tertutup, Bahas Keamanan Siber-Data Pemilu


291 view
Komisi I DPR dan BIN Rapat Tertutup, Bahas Keamanan Siber-Data Pemilu
Foto : Firda/detikcom
Kepala BIN Budi Gunawan di DPR.

Jakarta (SIB)


Komisi I DPR menggelar rapat bersama Badan Intelijen Negara (BIN) secara tertutup hari ini. Rapat itu membahas rancangan kerja dan anggaran (RKA) dan sejumlah isu aktual, antara lain masalah keamanan siber dan pengamanan data menjelang Pemilu 2024.

Pantauan, di ruang rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9), Kepala BIN Budi Gunawan hadir sekitar pukul 14.00 WIB. Rapat itu digelar secara tertutup dan selesai pada pukul 16.15 WIB.

"Masalah anggaran RKA KL tahun 2023. (Isu krusial) masalah keamanan siber, sistem keamanan siber persiapan untuk keamanan Pemilu 2024," kata Budi kepada wartawan seusai rapat.

Anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Nurul Arifin mengatakan rapat membahas soal penanganan kejahatan siber.

"Kami tanya karena BIN memiliki tugas dan program mengatasi kejahatan siber di samping BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) dan Kominfo. Dan di sini BIN kerja sama dengan Bais (TNI) untuk tangani kejahatan siber," kata Nurul seusai rapat.

Waketum Golkar itu menuturkan Budi menyampaikan program-program terkait penguatan perlindungan data selain dari yang dikerjakan oleh Kominfo dan BSSN. BIN, lanjut Nurul, juga memberi atensi terhadap kerentanan kebocoran data menjelang pemilu yang ada di Kemendagri dan KPU.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com