Komnas PA: Pelaku Rantai Anak di Bekasi Bisa Dihukum 20 Tahun Penjara


276 view
Komnas PA: Pelaku Rantai Anak di Bekasi Bisa Dihukum 20 Tahun Penjara
(Mulia Budi/detikcom)
Polisi tetapkan ortu yang ratai ABG di Bekasi jadi tersangka.

Jakarta (SIB)

Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak (PA) mendesak polisi gunakan pasal berlapis di perkara anak dirantai di Bekasi. Hal itu lantaran tersangka di perkara itu merupakan orang tua dari korban bernama R (15).

"Komnas Perlindungan Anak meminta Polres Bekasi menjerat kedua pelaku dengan pasal berlapis yakni dengan ketentuan Pasal 81 dan 83 UU RI No. 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak dan Pasal 84 tentang penelantaran dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun," kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait, Minggu (24/7).

Polisi menyebut R telah diterlantarkan olah kedua orang tuanya, salah satunya adalah dengan tidak disekolahkan. Tak hanya itu, A dan P juga merantai R dengan alasan keamanan.

Arist mengecam perbuatan A dan P yang dilakukan terhadap R. Dia menilai tindakan itu masuk dalam tindak pidana dan kekerasan anak.

"Tindakan keji yang dilakukan kedua orangtua anak usia 11 tahun di Bekasi, Jawa Barat dengan cara merantai, memasung dan tidak memberikan makan adalah merupakan tindak pidana kekerasan dan pelantaran terhadap anak," ujarnya.

Bahkan, Arist juga menilai kedua orang tua R dapat ditambah pidana pokoknya hingga 20 tahun. Hal itu lantaran status A dan P adalah orang tua kandung korban.

"Mengingat pelakunya adalah orang tua kandung korban. Maka humuman dapat ditambakan 1/3 dari pidana pokoknya menjadi maksimal 20 tahun," tutur Arist.

Adapun perkara ini terjadi saat R (15) ramai diperbincangkan lantaran ketahuan diterlantarkan oleh kedua orang tuanya. Bahkan, R juga dirantai dengan alasan sering menyakiti neneknya.

Kasus ini menyorot perhatian publik setelah seorang warga merekam R sedang ngesot di jalan dan meminta-minta makan kepada warga. Polisi turun tangan menyelidiki kejadian itu dan menetapkan kedua orang tua R sebagai tersangka.

"Kita telah mengamankan orang tuanya atas nama P (40) serta istri tersangka P atas nama inisial A (39)," kata Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki dalam jumpa pers di Polres Metro Bekasi Kota, Sabtu (23/7).

Kedua tersangka dijerat dengan Pasal 77b juncto 76b dan/atau pasal 80 juncto Pasal 76c UU No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas UU NO 23 Tahun 2022 tentang Perlindungan Anak.

"Dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara," ujarnya. (detikcom/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com