Kompolnas Dorong Propam Usut Polisi Todongkan Pistol: Terkesan Mengancam

* Anggota DPR: Tak Patut Meski Cuma Airsoft Gun

216 view
Kompolnas Dorong Propam Usut Polisi Todongkan Pistol: Terkesan Mengancam
Foto : Pradita Utama/detikcom
Komisioner Kompolnas Poengky Indarti

Jakarta (SIB)

Seorang oknum anggota Polsek Curugbitung berinisial Aipda D terekam kamera menodongkan senjata airsoft gun ke remaja di sebuah SPBU di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, yang nongkrong tengah malam. Kompolnas menyebut tindakan Aipda D itu bisa dipidana.

"Seseorang yang menodongkan airsoft gun dapat dilaporkan sebagai tindak pidana," ujar komisioner Kompolnas Poengky Indarti, Selasa (22/11).

Poengky sangat menyesalkan tindakan Aipda D. Menurutnya, Aipda D melakukan pendekatan yang sewenang-wenang.

"Meski alasannya untuk membubarkan pemuda-pemuda yang nongkrong tengah malam agar tidak berpotensi mengganggu harkamtibmas, tindakan menodongkan airsoft gun justru kontraproduktif dengan maksudnya untuk menjaga harkamtibmas, karena kesannya justru lebih merupakan bentuk pengancaman," kata Poengky.

Menurut Poengky, Aipda D arogan dan menyalahgunakan kewenangannya. Ia juga meminta Propam memeriksa airsoft gun milik Aipda D.

"Kompolnas juga mendorong Propam memeriksa penggunaan airsoft gun yang bersangkutan apakah sudah dilengkapi surat izin sebagaimana dimaksud Perkap 8 Tahun 2012 atau tidak," tuturnya.

Tak Patut

Pemuda-pemuda yang nongkrong di sebuah SPBU di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, terkaget-kaget begitu ditodong airsoft gun oleh seseorang yang ternyata merupakan anggota polisi, Aipda D. Meski memiliki niat untuk membubarkan tongkrongan tersebut karena larut malam, aksi Aipda D ini mendapatkan sorotan.

"Apapun skenarionya, anggota Polri seharusnya tidak patut dan tidak bijaksana untuk langsung menodong senjata, meskipun cuman airsoft gun juga," ujar anggota Komisi III DPR Fraksi PKB, Moh Rano Alfath, kepada wartawan, Selasa (22/11).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com