Kontak Tembak dengan TNI-Polri, KKB Bakar SD dan Puskesmas di Pegunungan Bintang

* Satu Personel TNI Terluka

129 view
Kontak Tembak dengan TNI-Polri, KKB Bakar SD dan Puskesmas di Pegunungan Bintang
Foto: Antara/ HO-pihak ketiga
DIBAKAR: KKB diduga membakar sejumlah fasilitas umum di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang saat kontak tembak dengan TNI-Polri, Senin (13/9).
Jakarta (SIB)
Aparat gabungan TNI-Polri terlibat baku tembak dengan teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Seorang personel TNI terluka akibat baku tembak tersebut.

"Ya, terjadi baku tembak," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal, saat dimintai konfirmasi, Senin (13/9).

Peristiwa itu terjadi di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, pada pagi kemarin sekitar pukul 09.30 WIB.

"Fasilitas umum yang dibakar. Ada puskesmas dan kantor kas bank," kata Kombes Kamal.

Terluka
Baku tembak tersebut menyebabkan seorang personel TNI dari Satgas Pamtas Yonif 403/WP terluka.

Anggota TNI tersebut terluka di bagian lengan kanan akibat terkena rekoset atau pantulan peluru yang ditembakkan. Personel TNI itu dilaporkan kondisinya stabil.

Dilansir Antara, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito mengatakan, ada bangunan sekolah dasar (SD) yang juga dibakar KKB.

Belum bisa dipastikan kelompok yang terlibat baku tembak dengan aparat gabungan. AKBP Cahyo mengaku masih menunggu laporan dari Kiwirok.

Kiwirok merupakan salah satu distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang yang berbatasan dengan Papua Nugini (PNG).

Dibakar
Teroris KKB juga merusak sejumlah fasilitas umum (fasum).

"Fasilitas umum yang dibakar. Ada puskesmas dan kantor kas bank," kata Ahmad Musthofa Kamal.

Didalangi
Diduga peristiwa itu didalangi KKB pimpinan Lamek Tablo.

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf Christian Irreuw mengatakan KKB pimpinan Lamek Tablo juga terlibat baku tembak dengan aparat keamanan yang bertugas di Kiwirok.

"Memang benar Prada Ansar terluka di lengan kanan, namun kondisi stabil," kata Letkol Inf Irreuw seperti dilansir Antara, Senin (13/9).

Bangunan yang dibakar di antaranya puskesmas, kantor kas bank, hingga bangunan sekolah dasar. Selain itu, ada sejumlah rumah warga yang dibakar.

Warga untuk sementara diamankan di pos TNI dan Polri yang ada di Kiwirok.

"Saya sudah meminta seluruh personel TNI khususnya yang bertugas di perbatasan RI-PNG meningkatkan kesiapsiagaannya," tutur Letkol Inf Irreuw. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com