Kontras di Akhir Pekan: Sudirman Lengang tapi Ramai Antrean di Perbatasan


175 view
Kontras di Akhir Pekan: Sudirman Lengang tapi Ramai Antrean di Perbatasan
detikcom
Kontras lengangnya Jalan Sudirman dan Jembatan Lampiri di Kalimalang
Jakarta (SIB)
Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat memasuki hari kedua. Tampak pemandangan yang kontras antara situasi di Jalan Jenderal Sudirman dan sejumlah titik di perbatasan Jakarta.

Di hari kedua PPKM darurat ini, situasi di sekitar Jl Jenderal Sudirman lengang dan sepi dari warga yang berolahraga.

Pantauan, Minggu (4/6), tepatnya di depan Mal fX Sudirman, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, pukul 08.00 WIB, hanya ada beberapa warga yang masih berolahraga lari dan jalan santai.

Tak terlihat kerumunan di area ini. Seluruh warga yang berolahraga menggunakan masker.

Kawasan ini dijaga ketat oleh aparat gabungan Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan polisi. Warga yang berolahraga dialihkan untuk jalan di atas trotoar.

Selain itu, arus lalu lintas terpantau sepi dan lancar. Mayoritas hanya angkutan umum, seperti TransJakarta, yang melewati kawasan ini.

Situasi tersebut tampak kontras dengan sejumlah titik di wilayah perbatasan DKI Jakarta. Diketahui, ada beberapa pos penyekatan yang menjadi titik untuk menghalau warga yang hendak ke Jakarta.

Beberapa di antaranya Kalimalang, Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat, dan Jalan Lenteng Agung Raya, Jakarta Selatan. Kemacetan sempat terjadi di tiga titik ini.

Pos penyekatan di Lampiri, Kalimalang, yang menjadi perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi, tampak dijaga oleh aparat bersenjata. Sejumlah pengendara yang melintas di Jalan Lampiri, Kalimalang, Jakarta Timur, harus melewati pemeriksaan pos penyekatan.

Aparat gabungan TNI-Polri memeriksa sejumlah pengemudi yang hendak melewati pos penyekatan. Berdasarkan pantauan detikcom, sempat ada kemacetan panjang saat aparat melakukan pemeriksaan. Per pukul 15.00 WIB, kondisi lalu lintas kembali lancar.

Sementara itu, kemacetan juga tampak di pos penyekatan di Jalan Lenteng Agung Raya. Dalam pantauan media, para pengendara tampak mengantre saat melewati pos penyekatan.

Tampak kemacetan saat pengendara sepeda motor dan mobil harus berhenti saat diperiksa polisi.

Kondisi serupa tampak di pos penyekatan PPKM darurat di Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat. Petugas tampak menghalau kendaraan agar tak masuk ke wilayah Jakarta. Mereka meminta pengendara berputar balik ke arah Tangerang.

Berdasarkan pantauan detikcom, kemacetan tampak saat sejumlah pengendara diarahkan untuk memutar balik. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com