Lawan Radikalisme, Harus Melalui Strategi Vaksinasi Ideologi


177 view
Lawan Radikalisme, Harus Melalui Strategi Vaksinasi Ideologi
Foto: Istimewa
Bambang Soesatyo.

Jakarta (SIB)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo akan meluncurkan buku ke-24 bertajuk 'Vaksinasi Ideologi, Empat Pilar Melawan Radikalisme dan Demoralisasi Bangsa'. Buku ini melengkapi buku ke-23 berjudul 'Indonesia Era Disrupsi' yang akan rilis bersamaan bulan Juli mendatang.


Melalui buku-buku ini, Bamsoet mempertegas sikap MPR bahwa melawan radikalisme dan terorisme harus menggunakan strategi cegah dan tangkal melalui vaksinasi ideologi.


"Hakekat vaksinasi ideologi adalah mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila, menjadikan UUD NKRI 1945 sebagai pedoman, mempertahankan eksistensi NKRI, dan menjaga kesatuan serta persatuan dengan menerima dan merawat kebhinekaan," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (22/6).


Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Pancasila sudah disepakati dan diterima sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa. UUD NKRI tahun 1945 sebagai landasan konstitusional. NKRI adalah konsensus yang mutlak dan harus dirawat dan diperkuat. Serta, Bhinneka Tunggal Ika diterima dan dipahami sebagai kodrat kebangsaan.


"Pilar-pilar inilah yang secara historis telah membentuk nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Segenap anak bangsa harus mengenal, memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bersama," katanya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com