Longsor di Sibolangit, Pengunjung Wisata ke Berastagi Sepi

* Pohon Tumbang, Satu Mobil Rusak

199 view
Longsor di Sibolangit, Pengunjung Wisata ke Berastagi Sepi
(Foto: SIB/Sonry Purba)
SEPI : Pasca longsor di Sibolangit Kabupaten Deli Serdang, Minggu (21/11) dini hari, pengunjung  wisata ke Berastagi Kabupaten Karo terlihat sepi.
Karo (SIB)
Pasca terjadinya beberapa kali longsor di kawasan Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, pengunjung wisata ke Berastagi, Kabupaten Karo terlihat sepi pada hari Minggu (21/11). Kondisi itu seperti tak biasanya yang dipadati kendaraan Medan dan daerah lainnya.

Hal tersebut dikatakan Nurdin Ginting, salah satu pelaku usaha kecil di Berastagi ketika ditemui wartawan, Minggu (21/11) petang. Menurutnya pengunjung sepanjang hari, Minggu (21/11) sangat sepi, tidak seperti biasanya.

"Ini sudah pasti longsor di Tekongan Tirtanadi Sibolangit dan menimpa satu unit mobil pribadi. Mungkin gara-gara longsor susulan yang tidak dapat diprediksi maka pengunjung sepi ke Berastagi. Kita pun takut juga ke Medan kalau sering kali terjadi longsor. Apalagi sempat ada korban jiwa beberapa pekan lalu," ungkapnya.

Ia berharap kepada Pemprov Sumut maupun Pemkab Karo dan Deliserdang segera memerhatikan kondisi tebing jalan di sepanjang Sibolangit sampai Tahura Bukit Barisan Berastagi agar tidak longsor dan menimbulkan korban jiwa maupun kerugian material lainnya.

"Sepanjang jalan tersebut sangat rawan bencana longsor apalagi musim hujan seperti bulan November dan Desember mendatang. Paling tidak, dibersihkanlah batu-batu dan kayu yang bergantung di tebing jalan itu. Apapun ceritanya kalau saya lihat semalam melintas, itu sudah pasti nanti meluncur batu ke bawah. Tinggal menunggu waktu saja, hujan berguyur lebat di titik lokasi pasti longsor," katanya.

Hal senada disampaikan Firman Bukit, warga Sibolangit yang setiap harinya memasarkan sayur Medan-Berastagi mengharapkan kepada Gubernur Sumut untuk segera mencari solusi permasalahan longsor di kawasan Sibolangit agar tidak menimbulkan dampak kerugian bagi masyarakat terutama bagi petani yang memasarkan dagangannya ke Medan.

Dalam sebulan ini sudah beberapa kali terjadi longsor hingga mengganggu pemasaran hasil pertanian dari Karo ke Medan.

“Apabila terlalu lama sampai ke Medan tentu sayuran yang dibawa tidak segar lagi dan busuk sehingga petani dan masyarakat lainnya rugi,” ucap Firman Bukit.

Longsor
Sebelumnya dilaporkan, bencana longsor disertai pohon tumbang kembali terjadi di Jalan Jamin Ginting Km 37,5, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, atau tepatnya di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Sabtu (20/11) sekitar pukul 23.00 WIB.

Kapolsek Pancurbatu Kompol Dedy Dharma SH mengatakan, longsor disertai pohon tumbang tersebut akibat dari hujan deras. Hal itu dikatakan Kompol Dedy Dharma, seperti dikutip dari harianSIB.com, Minggu (21/11).

Dampak yang diakibatkan dari longsor tersebut menimpa satu unit mobil Honda HRV warna putih yang sedang melintas dari Kabupaten Karo menuju arah Kota Medan.

"Tidak ada korban jiwa, dan satu unit mobil Honda HRV warna putih bagian belakang dalam keadaan rusak, tapi saat petugas tiba mobil tersebut sudah meninggalkan objek lokasi," ujarnya.

Berikutnya, ia mengatakan satu unit alat berat jenis beko/doser mini tiba di lokasi pukul 03.28 WIB, untuk melakukan pembersihan material longsor.

Ia bersama Kasat Lantas Polrestabes Medan AKBP Sonny Wilfried Siregar berserta unsur terkait dalam hal ini personil dari Satlantas Polrestabes Medan, Polsek Pancurbatu, Koramil Sibolangit.

Kemudian, BPBD Deliserdang dan Balai Besar Jalan Nasional bersama masyarakat melakukan pembersihan material longsor dan pengaturan arus lalu lintas.

Pukul 04.18 WIB pembersihan material longsor serta pohon tumbang selesai selanjutnya dilakukan pengaturan arus lalu lintas yang sebelumnya telah terjadi macet.

"Pukul 05.15 WIB arus lalu lintas baik yang dari Kabupaten Karo menuju Kota Medan maupun sebaliknya sudah normal kembali," sebutnya sembari mengakhiri. (BR2/SS6/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com