Luhut Pandjaitan: Kunjungan Menlu RRT Wang Yi ke Danau Toba untuk Mengembangkan Kerjasama

* Hari ini Bertemu Presiden Jokowi

234 view
Foto Biro Komunikasi Kemenkomarvest
PERTEMUAN: Menlu RRT Wang Yi dan rombongan menggelar pertemuan dengan Menkomarvest Luhut Pandjaitan dan Delegasi RI di Niagara Hotel Parapat, Selasa (12/1). 
Parapat (SIB)
Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok Wang Yi dan rombongan melangsungkan pembicaraan bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (12/1) di Niagara Hotel, Parapat, Simalungun.
Disampaikannya, kunjungan Wang Yi merupakan bagian dari safari kunjungan ke negara-negara Asia Tenggara.

Di Indonesia khususnya kawasan Danau Toba selama dua hari, Selasa dan Rabu (12-13/1). Wang Yi juga berkunjung ke Brunei Darussalam dan Filipina dan ke Jakarta bertemu dengan Menlu RI dan audiensi kepada Presiden Jokowi.

“Kedatangan sahabat saya, Bapak Wang Yi, ke Danau Toba ini juga diharapkan dapat mengembangkan kerjasama yang baik dan berkelanjutan antara kedua negara. Besok (Rabu-red) Bapak Wang Yi akan diterima oleh Bapak Presiden RI dan mendengar langsung harapan Bapak Presiden terhadap kerjasama strategis kedua negara yang telah terjalin selama ini” ujar Menko Luhut.

Luhut yang didampingi Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga juga membicaraan peningkatan kerjasama strategis di bidang investasi dan perdagangan dengan Wang Yi.

HIKING
Sementara itu, Wang Yi diinformasikan akan melakukan hiking (mendaki gunung) dan mengunjungi tempat-tempat historis di kawasan Danau Toba.

“Wang Yi bersama beberapa delegasinya dijadwalkan melakukan hiking dan mengunjungi beberapa tempat historis di sekitar Danau Toba didampingi Menko Luhut Pandjaitan,” ujar Biro Komunikasi Kemenko Marves.

Luhut mengakui sudah beberapa kali mengundang Wang Yi untuk berkunjung ke Toba dan melihat langsung keindahan Danau Toba.
“Menlu Wang Yi dikenal mempunyai hobi hiking. Kunjungannya ke Toba yang sedianya berlangsung pada Februari tahun lalu tertunda karena pandemi Covid-19,” ujar Luhut.

DISIAGAKAN
Sementara itu, sejumlah personel TNI dan Polri disiagakan mengamankan kunjungan Wang Yi. Hal itu disampaikan Kapolres Simalungun, AKBP Agus Waluyo didampingi Kabag Ops Kompol Surya kepada SIB di lokasi pertemuan.

Kabag Ops, Kompol Surya menyampaikan 250 Personel Polres Simalungun dan Detasemen Brimob Poldasu disiapkan mengamankan kunjungan Menlu RRT, untuk melakukan pertemuan resmi dengan Menkomarves dan kunjungan ke rumah pengasingan Bung Karno di Parapat.

Pengamatan SIB, sejumlah personel TNI/Polri bersiaga di lingkungan hotel dan sepanjang jalan menuju rumah pengasingan Bung Karno. (S12/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com