MA Loloskan 8 Nama Calon Hakim Ad Hoc Pelanggaran HAM Berat


298 view
MA Loloskan 8 Nama Calon Hakim Ad Hoc Pelanggaran HAM Berat
(Tatang Guritno/ Kompas.com )
Gedung Mahkamah Agung (MA), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (8/11/2021).

Jakarta (SIB)

Mahkamah Agung (MA) meloloskan 8 nama calon hakim ad hoc pelanggaran HAM berat. Empat nama untuk tingkat pertama dan 4 untuk tingkat banding. Kasus pertama yang akan disidangkan adalah kasus Paniai, Papua.

Hal itu tertuang dalam keputusan MA yang dilansir website-nya, Senin (25/7).

Keputusan itu ditandatangani oleh Ketua Pansel Andi Samsan Nganro dengan Sekretaris Ridwan Mansyur. Berikut nama-nama tersebut:

Hakim Tingkat Banding: Mochamad Mahin, Fennny Cahyani, Florentia Switi Andari dan Hendrik Dengah.

Hakim Tingkat Pertama: Siti Noor Laila, Robert Pasaribu, Sofi Rahma Dewi dan Anselmus Aldrin Rangga Masiku.

Sebagaimana diketahui, kasus Painai yang dimaksud terjadi pada 7-8 Desember 2014. Kejahatan HAM berat itu mengakibatkan 4 warga sipil tewas dan 17 orang lainnya luka-luka. Komnas HAM menyelidiki dan memutuskan ada pelanggaran HAM berat di kasus itu.

Tapi kejaksaan hanya menetapkan satu tersangka yang akan diadili di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Oleh sebab itu, keluarga korban menolak persidangan itu karena hanya ada 1 terdakwa, yang tidak mungkin melakukan pelanggaran HAM berat.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com