MK Putuskan KY Tak Berwenang Awasi Hakim Konstitusi


179 view
MK Putuskan KY Tak Berwenang Awasi Hakim Konstitusi
Foto: Ari Saputra/detikcom
Saldi Isra.

Jakarta (SIB)

Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan judicial review UU MK soal komposisi Majelis Kehormatan MK (MKMK). Alhasil, Komisi Yudisial (KY) dicoret dari anggota MKMK.


Judicial review diajukan oleh pengacara Ignatius Supriyadi. Tepatnya ia menguji Pasal 27A ayat 2 huruf b UU MK yang berbunyi:


Untuk menegakkan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim Konstitusi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dibentuk Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi yang keanggotannya terdiri atas:


a. 1 (satu) orang hakim konstitusi;


b. 1 (satu) orang anggota Komisi Yudisial;


c. 1 (satu) orang akademisi yang berlatar belakang di bidang hukum;


MK mengabulkan judicial review itu.


"Menyatakan Pasal 27A ayat (2) huruf b Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2020 bertentangan dengan Undang-Undang Dasar tahun 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat sepanjang frasa '1 (satu) orang anggota Komisi Yudisial' tidak dimaknai '1 (orang) dari unsur tokoh masyarakat yang memiliki integritas tinggi yang memahami hukum dan konstitusi serta tidak menjadi anggota dari partai politik manapun'," demikian bunyi putusan MK yang dikutip detikcom dari websitenya, Selasa (21/6).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com