MRP Ungkap Mayoritas Orang Asli Papua Belum Punya e-KTP


163 view
MRP Ungkap Mayoritas Orang Asli Papua Belum Punya e-KTP
Foto: Karin/detikcom
Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murip.

Jakarta (SIB)

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murip mengungkap mayoritas warga di Papua belum merekam KTP elektronik (e-KTP). Padahal e-KTP diperlukan untuk menjadi pemilih dalam Pemilu 2024.


"Mayoritas belum merekam e-KTP, ada warga Papua di daerah pegunungan," kata Timotius setelah audiensi dengan pihak KPU di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa (2/8).


Timotius mengatakan pihaknya bakal mendorong aktif orang asli Papua (OAP) di 28 kabupaten/kota untuk melakukan perekaman e-KTP. Dengan begitu, OAP dapat terdaftar sebagai pemilih dalam Pilpres 2024.


"MRP juga turut berpartisipasi mendorong masyarakat kita OAP untuk segera melakukan perekaman e-KTP supaya mereka bisa terdaftar sebagai pemilih," kata Timotius.


MRP mengaku bakal membentuk kelompok kerja (pokja) untuk membantu perekaman e-KTP di daerah-daerah pegunungan di Papua. Pokja tersebut diisi oleh OAP pimpinan adat, OAP perempuan, dan pimpinan keagamaan.


"MRP melalui pokja-pokja kami tugaskan turut mengajak masyarakat yang melakukan rekaman e-KTP nanti," ucapnya. (detikcom/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com