MUI Publikasikan Ketetapan Fatwa Vaksin Merah Putih Suci dan Halal


113 view
MUI Publikasikan Ketetapan Fatwa Vaksin Merah Putih Suci dan Halal
Doto: Ist/harianSIB.com
Gedung MUI Jakarta.

Jakarta (SIB)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempublikasikan ketetapan fatwa Nomor 8 Tahun 2022 tentang status vaksin Merah Putih UA SARS-CoV-2 (Vero Cell) Inactivated PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia. Hukum vaksin Merah Putih dinyatakan suci dan halal.

Ketetapan fatwa vaksin Merah Putih itu dipublikasikan MUI lewat situs resmi pada Sabtu, 25 Juni 2022, sebagaimana dilihat, Senin (27/6). Keputusan Komisi Fatwa MUI bersama LPPOM MUI ditandatangani oleh KH Miftachul Akhyar.

Fatwa itu menyatakan vaksin Merah Putih boleh digunakan sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten.

Kesimpulan ini merujuk sejumlah fakta temuan dilihat dari empat poin pendapat peserta rapat Komisi Fatwa pada 7 Februari 2021, mengenai proses produksi vaksin Covid-19 produk PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia.

Berikut selengkapnya:

Pertama, tidak memanfaatkan (intifa') babi atau bahan yang tercemar babi dan turunannya.

Kedua, tidak memanfaatkan bagian anggota tubuh manusia (juz' minal insan).

Ketiga, bersentuhan dengan barang najis mutawassithah, sehingga dihukumi mutanajjis, tetapi sudah dilakukan pensucian yang telah memenuhi ketentuan pensucian secara syar'i (tathhir syar'i).

Keempat, menggunakan fasilitas produksi yang suci dan hanya digunakan untuk produk vaksin Covid-19

Selain itu, peralatan dan penyucian dalam proses produksi vaksin di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia dipandang telah memenuhi ketentuan pencucian secara syar'i (tathhir syar'i). Dalam menetapkan hukum halalnya vaksin Merah Putih, MUI berpegang teguh pada dalil Al-Qur'an, hadis, kaidah fikih, hingga pendapat ulama dalam putusannya.

Salah satu dalil dalam Al-Qur'an yang digunakan yaitu surat Al-Baqarah ayat 168 mengenai perintah Allah SWT kepada manusia untuk konsumsi yang halal dan thayyib. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com