Ma'ruf Minta MUI Jaga Sila Ke-3 Pancasila: Kawal Keutuhan Bangsa


303 view
Ma'ruf Minta MUI Jaga Sila Ke-3 Pancasila: Kawal Keutuhan Bangsa
dok. Setwapres
Wapres Ma'ruf Amin
Jakarta (SIB)
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjaga dan mengawal keutuhan bangsa. Ma'ruf menekankan bahwa menjaga persatuan bangsa yang tertuang dalam sila ketiga Pancasila adalah salah satu tugas dan tanggung jawab MUI.

"Tentu kita tugas sebagai bagian dari pada bangsa ini adalah menjaga, mengawal keutuhan bangsa ini. Jadi kalau ada tanda-tanda keretakan maka Majelis Ulama mengambil peran, kenapa? Karena negara ini dibangun berdasarkan kesepakatan, maka saya menamakan negara ini Darul Misaq, negara kesepakatan untuk bersama," kata Ma'ruf Amin dalam rekaman video yang diterima, Rabu (25/8).

Pesan itu disampaikan Ma'ruf Amin dalam Mukernas I MUI secara virtual. Ma'ruf menekankan bahwa perbedaan yang ada di negara ini tidak boleh menimbulkan keretakan.

"Oleh karena itu, perbedaan-perbedaan seperti juga di lingkungan intern kita perbedaan di tingkat nasional kenegaraan itu jangan sampai menimbulkan terjadinya keretakan yang akan membawa kehancuran," jelasnya.

Ma'ruf kemudian menyinggung sila ketiga Pancasila. Ma'ruf Amin meminta MUI untuk menjaga persatuan bangsa.

"Hal yang paling penting di dalam kalau kita lihat Pancasila yaitu sila ketiga, itu di sini yaitu Persatuan Indonesia, ini harus kita kawal sebagai bagian dari tanggung jawab nasional kita," tutur Ma'ruf.

Tak lupa, Ma'ruf mengingatkan bahwa saat ini masih terjadi pandemi Corona. Oleh karena itu, dia meminta para ulama mengajak umat menjaga jiwa dari bahaya virus Corona.

"Dan yang terakhir saya tetap mengajak semua kita, bahwasanya kita masih dihadapkan dengan bahaya Covid-19 yang belum selesai ini. Memang sudah mulai turun, tapi kita masih tetap, karena bagi kita, sering saya katakan ini bukan hanya tanggung jawab kebangsaan kita, tapi ini... masalah penanggulangan Covid itu masalah agama, masalah syar'i. Itu memelihara umat, karena menjaga jiwa ini saya kira salah satu kewajiban. Salah satu tujuan dari tujuan-tujuan besar syariat Islam salah satunya menjaga jiwa," sebut Ma'ruf Amin. (detikcom/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com