Mahasiswa Baru KIP Kuliah Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Hadapi Tes Wawancara


319 view
Mahasiswa Baru KIP Kuliah Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli Hadapi Tes Wawancara
Foto SIB/Anwar Lubis
TES WAWANCARA : Ketua PMB, Talenta Marbun SE MSi yang didampingi panitia lainnya saat melakukan tes wawancara kepada mahasiswa baru peserta KIP Kuliah di Auditorium Kampus UNITA, Selasa (31/8).
Tapanuli Utara (SIB)
Setelah mahasiswa baru peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah mengikuti tes kemampuan akademik, kini mahasiswa baru KIP Kuliah menghadapi tes wawancara on site (wawancara langsung) di hari terakhir dari panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Auditorium Kampus UNITA, Selasa (31/8).

Mahasiswa baru KIP Kuliah menghadapi dua panitia PMB yakni, Pembantu Rektor (PR I) yang juga Ketua PMB Talenta Marbun SE MSi dan Ketua Lembaga Tracer Study UNITA yang juga Sekretaris PMB Lamhot Situmeang SPd MPd.

Test wawancara on site tersebut dilakukan dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 09.00 WIB - pukul 11.00 WIB dan sesi kedua dimulai pukul 14.00 WIB - pukul 17.00 WIB dengan durasi satu orang 10 menit.

Terlihat para mahasiswa baru gugup dalam menjawab setiap pertanyaan dari panitia, hingga akhirnya panitia menguatkan mental, sehingga pertanyaan dapat dijawab oleh mahasiswa baru KIP Kuliah.

Ketua PMB, Talenta Marbun menuturkan, pertanyaan yang muncul pada tes wawancara tersebut ada tentang cerita tentang diri, cita - cita bagaimana nanti, bagaimana info kampus, ketertarikan masuk jurusan, apa yang diketahui tentang jurusan, keyakinan jurusan menjanjikan masa depan, prospek lulusan, skala minat masuk jurusan, sosok tokoh inspirasi, kelebihan, kekurangan dan kegiatan di luar sekolah dan pencapaian prestasi.

"Pertanyaannya yang muncul juga meliputi, apakah kamu yakin akan “kuat” kuliah di sini? Apa yang kamu lakukan di waktu luang? Apa kesibukan kamu saat ini? Apakah kamu yakin diterima? Mengapa kami harus menerima kamu di sini? Jika kamu tidak diterima di program KIP Kuliah ini, Apakah kamu masih mau kuliah di UNITA sebagai mahasiswa reguler dengan biaya sendiri?, " terangnya.

Talenta juga menginformasikan, bahwa pendaftaran mahasiswa baru UNITA tahun ajaran 2021 / 2022 masih terbuka sampai 18 September 2021.

Selain itu, peserta KIP Kuliah berharap Pemerintah memberikan tambahan kuota kepada panitia PMB karena keterbatasan ekonomi akibat pandemi sehingga melanjutkan kuliah di kota pun tidak sanggup makanya mencoba KIP Kuliah di UNITA.

Hadir dalam tes wawancara tersebut yakni, Wakil Ketua 1 Dr Meslin Silalahi MPd, Wakil Ketua 2 Arta Hutahayan SP MSi, Seksi Pendaftaran Helli Sibagariang Amd, Hairany Simorangkir, Rina Handayani SP MM dan bagian IT Musrafiddin Simanullang SPd MPd dan Wandes Sianipar S Kom. (F3/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com