Mahfud Bantah RI Jadi Sorotan PBB dalam Pelanggaran HAM


482 view
Mahfud Bantah RI Jadi Sorotan PBB dalam Pelanggaran HAM
Foto: kanal YouTube Menko Polhukam RI
Mahfud MD Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Jakarta (SIB)

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan bahwa Indonesia tidak memiliki catatan mengenai pelanggaran HAM dari Dewan HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mahfud menyebut, ada 21 negara yang memiliki catatan mengenai persoalan HAM, namun Indonesia tidak termasuk dalam daftar itu.

"Di dewan HAM PBB tidak ada catatan apapun tentang pelanggaran HAM di Indonesia. Pada pidato pembukaan sesi ke-50 sidang Dewan HAM Komisioner Tinggi HAM menyebut, 21 negara yang perkembangan HAM-nya dirujuk dan Indonesia tidak termasuk di dalamnya," kata Mahfud dalam jumpa pers virtual, Kamis (16/6).

Mahfud mengatakan, sejak 2020 lalu Indonesia bebas dari catatan negara yang mempunyai masalah pelanggaran HAM. Hal itu, kata Mahfud, adalah sebuah kemajuan.

"Sudah 3 tahun ini, tepatnya sejak tahun 2020 Dewan HAM PBB tidak menyebut Indonesia dalam catatan negara yang punya masalah pelanggaran HAM, hal ini berarti kita sudah menjalani kemajuan dan mengkomunikasikan dengan proporsional mengenai perlindungan dan penegakan HAM," jelasnya.

Mahfud memaparkan hal itu usai menghadiri Sidang Dewan PBB di Jenewa, Swiss pada tanggal 13 Juni lalu. Mahfud dalam kesempatan itu juga sempat berbincang dengan Komisioner Tinggi HAM PBB Michelle Bachelet Jeria.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com