Mangkir RDP, Anggota DPRD Kesal, Wali Kota Pematangsiantar akan Diinterpelasi


344 view
Mangkir RDP, Anggota DPRD Kesal, Wali Kota Pematangsiantar akan Diinterpelasi
Foto: Ist/harianSIB.com
Ilustrasi Balai Kota Pematangsiantar.

Pematangsiantar (SIB)

Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA mangkir (absent) memenuhi undangan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar, terkait mutasi pejabat, serapan APBD 2022, pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) dan perpanjangan jabatan Dirut PDAM Tirtauli di ruang gabungan Komisi DPRD Pematangsiantar, Senin (19/9).


Ketidakhadiran Wali Kota, memicu kekesalan sejumlah anggota DPRD Pematangsiantar yang telah memberikan tandatangannya pada RDP.


Atas dasar itu, DPRD Pematangsiantar 'mengancam' akan menggunakan hak interpelasi untuk memintai keterangan Wali Kota Pematangsiantar.


Anggota DPRD Pematangsiantar dari Fraksi PDI Perjuangan, Suandi A Sinaga SH meminta, DPRD Pematangsiantar membentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk menyikapi permasalahan yang akan dibahas pada RDP.


"Usul, agar ditingkatkan ke Pansus, terimakasih pimpinan," kata Suandi.


Sementara, Anggota DPRD Pematangsiantar dari Fraksi Golkar, Ir Daud Simanjuntak juga menyampaikan rasa kekecewaannya, atas ketidakhadiran Wali Kota ke DPRD Pematangsiantar tanpa pemberitahuan dan alasan.


Anggota DPRD, Baren Alijoyo Purba SE menilai, ketidakhadiran Wali Kota Pematangsiantar tanpa penjelasan dan pemberitahuan, merupakan sikap yang tidak menghormati lembaga legislatif.


Anggota DPRD dari Fraksi Demokrat, Ilhamsyah Sinaga SE juga mengatakan bahwa sikap Wali Kota Pematangsiantar tidak menghargai lembaga legislatif.


Oleh karena itu, ia sependapat agar DPRD Pematangsiantar membentuk Pansus untuk menyikapinya.


Wakil Ketua DPRD Pematangsiantar Mangatas Silalahi SE mengatakan, DPRD Pematangsiantar sangat mengharapkan kehadiran Wali Kota Pematangsiantar, karena berbagai kebijakan yang dilakukan.


Seperti, pelantikan atau mutasi pejabat, perpanjangan jabatan Direktur Perumda Tirtauli Pematangsiantar dan pembangunan GOR yang menyangkut tanda tangan Wali Kota sehingga tidak bisa diwakilkan.


Saat dikonfirmasi, Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul Marganda Lingga SE mengatakan, akan melakukan pertemuan dengan ketua ketua fraksi.


"Soal meningkatkan hak interpelasi dan/atau pembentukan panitia angket, akan dilakukan pertemuan ketua DPRD dengan fraksi besok," kata Timbul via telepon, Senin (19/9).


Amatan SIB, RDP juga dihadiri Sekda Pematangsiantar Budi Utari AP, Sekwan Eka Hendra, para Asisten, sejumlah OPD dan lainnya. (D1/D8/a)






Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com