Mantan Dubes RI: Visa 46 Calon Haji yang Dideportasi Saudi Hasil Photoshop


328 view
Mantan Dubes RI: Visa 46 Calon Haji yang Dideportasi Saudi Hasil Photoshop
Foto : dok.ist
Mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Jakarta (SIB)

Sebanyak 46 calon haji Indonesia yang menggunakan visa tidak resmi dideportasi oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi.


Mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan visa yang digunakan merupakan visa editan adobe photoshop.


"Dokumen yang dipakai oleh 46 CJH (Calon Jamaah Haji) tersebut adalah visa palsu alias visa produk software adobe photoshop atau adobe illustrator. Arab Saudi tidak pernah menerbitkan visa haji dengan format dan model aneh seperti itu" tegas Maftuh Abegebriel, Selasa (5/7).


Setelah dilakukan pengecekan, Agus Maftuh Abegebriel yang juga staf pengajar UIN Sunan Kalijaga memastikan bahwa visa palsu tersebut adalah produk modifikasi dengan mengambil format sampel visa Arab Saudi. Dimana format tersebut biasa digunakan untuk tujuan wisata (siyahah) dan visit (ziarah).


Agus Maftuh merasa heran ke-46 orang tersebut dapat lolos di Bandara. Padahal menurutnya mengecek keaslian visa haji merupakan hal yang mudah dilakukan.


"Kok bisa terbang ya? Apa di Bandara tidak ada yang cek validasi visa? Sebenarnya mudah sekali mengenali visa haji asli dan palsu dilihat dari karakteristiknya," tuturnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com