Massa Rusak Masjid Ahmadiyah dan Bakar Bangunan di Sintang Kalbar


144 view
Massa Rusak Masjid Ahmadiyah dan Bakar Bangunan di Sintang Kalbar
dok. Istimewa
Warga rusak masjid Ahmadiyah di Sintang, Kalbar
Sintang (SIB)
Ratusan orang merusak Masjid Ahmadiyah di Tempunak, Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar). Massa juga membakar bangunan yang ada di samping masjid.

"Ada. Yang sempat terbakar adalah gudang material di samping masjid. Untuk masjid ada bagian yang rusak karena lemparan batu," ujar Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Donny Charles Go, saat dimintai konfirmasi, Jumat (3/9).

Donny mengatakan aksi tersebut diduga dipicu warga yang kecewa karena Pemkab Sintang hanya menghentikan operasional masjid. Padahal, kata Donny, mereka menuntut agar masjid itu dibongkar.

"Mereka kecewa karena Pemkab Sintang hanya menghentikan operasional di tempat ibadah. Sedangkan massa menuntut agar tempat ibadah dibongkar," tuturnya.

Donny menyebut situasi di lokasi sudah mulai kondusif setelah sekitar 300 polisi dikerahkan ke lokasi. Dia mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"Tapi situasi sudah terkendali dan kondusif. Massa sudah kembali," ucap Donny.

"Tidak ada korban jiwa. Kalau warga Ahmadiyah sudah diamankan oleh personel kita sejak Agustus lalu," imbuhnya.

Dalam video yang dilihat wartawan, tampak sejumlah orang melakukan perusakan di sekitar masjid. Ratusan polisi turut terlihat berada di lokasi.

Mereka terlihat memukul bangunan dengan menggunakan bambu. Perekam video berteriak meminta aparat bertindak. (detikcom/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com