Masyarakat Gratis Gunakan Jalan Tol yang Baru Diresmikan, 19 Oktober 2017 Berbayar


537 view
Deliserdang (SIB) -Setelah Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widowo meresmikan ruas jalan Tol Kualanamu-Seirampah dan Medan-Binjai (ruas Helvetia-Binjai), masyarakat gratis menggunakan selama uji coba. Namun, Kamis 19 Oktober 2017 masyarakat harus sudah membayar ketika menggunakan jalan tol itu.

"Hari ini (Sabtu 14/10 -red) sudah boleh digunakan masyarakat dalam tahap uji coba dan gratis selama seminggu. Mulai 19 Oktober 2017 baru berbayar menggunakan kartu yang ada duitnya (kartu elektronik)," kata Direktur Teknik PT JMKT Agus Choliq ketika dikonfirmasi SIB, Sabtu (14/10) di Lubukpakam.

Dijelaskan, selama uji coba tidak berbayar atau gratis. Tetapi pihaknya akan selalu memberikan kartu di pintu tol masuk dan dikumpul di pintu tol keluar. Tujuannya, agar masyarakat yang berkendara mengetahui cara masuk dan keluar jalan tol nantinya menggunakan kartu elektronik.

Saat ditanya, jika masyarakat hendak ke Medan dan masuk dari jalan Tol Seirampah, dimana keluar jalan tolnya, Agus menyebutkan keluarnya di gerbang tol Paluh Kemiri (Persis depan RS Grandmedistra Lubukpakam) dan boleh juga keluarnya dari gerbang tol Kualanamu.

Terpisah, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumut, Parlindungan Purba membantah peresmian jalan tol itu terkesan dipaksakan sebab masih ada beberapa ruas belum selesai.

"Gak dipaksakanlah, justru jalan tol itu akan mempercepat pertumbuhan ekonomi rakyat. Saya pikir dengan peresmian jalan tol itu, evaluasi sudah berjalan dan akan lanjut terus hingga mencapai tol trans Sumatera mulai dari Aceh," kata Parlindungan.

Dia berharap, setelah diresmikan Presiden RI, infrastruktur dan aktivitas masyarakat semakin cepat dan bagus.

"Hal itu merupakan upaya Pemerintah Pusat untuk memajukan Sumut, khususnya mendukung pariwisata. Harapan kita setelah diresmikan, akses menuju Tebingtinggi dan Parapat serta daerah lainnya akan lebih cepat jarak tempuhnya," kata Parlindungan Purba.

Anggota DPD RI itu juga mengimbau warga Sumut yang menggunakan jasa tol tersebut agar memeliharanya dengan baik. Jalan tol itu diyakini akan dapat meningkatkan perekonomian rakyat melalui pendistribusian hasil bumi yang cepat. (C06/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com