Penguatan Karakter

Megawati Menilai Nilai Pancasila di Masyarakat Menurun

* Survei SMRC: Hanya 64,6 Persen Publik yang Hafal Pancasila

517 view
Megawati Menilai Nilai Pancasila di Masyarakat Menurun
(ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

Jakarta (SIB)

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, menilai nilai-nilai pancasila semakin menurun di masyarakat.


Menurutnya, menuju kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun, perjuangan serta semangat berbangsa dan bernegara justru tidak lagi terasa.


"Perjuangan dan semangat kita kok kelihatannya menurun, sepertinya kita tidak merasakan sebuah getaran yang mengikat kita sebagai warga bangsa," ujar Megawati, secara daring dalam Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB), Rabu (1/6).


Presiden RI Kelima itu menyatakan, kondisi tersebut membuat dia meminta Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 untuk menerbitkan keputusan presiden untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni.


Peringatan tersebut sesuai dengan tanggal pidato Presiden Soekarno berpidato di Sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yakni 1 Juni 1945.


"Dengan peringatan Hari Lahir Pancasila itu, bangsa Indonesia bisa terus belajar dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar negara," jelasnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com