Menag: Penembakan di Kantor MUI Tindakan Individu Salah Belajar Agama

* Penembak Sudah Diautopsi, Penyebab Kematian Belum Diketahui

224 view
Menag: Penembakan di Kantor MUI Tindakan Individu Salah Belajar Agama
Foto: Dokumentasi Media Center Haji 2023
Menag Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta (SIB)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan peristiwa penembakan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jakarta merupakan aksi individu yang salah belajar agama. Menag Yaqut meminta agar Polri mengusut tuntas kasus tersebut.

"Saya meyakini ini tindakan individu yang salah belajar agama atau orang yang salah memahami agamanya," kata Yaqut, Rabu (5/3).

Yaqut meminta polisi mengusut tuntas insiden tersebut meskipun pelakunya sudah meninggal dunia. Hal itu agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

"Aparat tetap harus memproses dan menyelidiki latar belakang peristiwa tersebut agar aksi semacam itu tidak terulang kembali," kata Yaqut.

Lebih lanjut, Yaqut meyakini semua agama di dunia selalu mengajarkan perdamaian dan cinta kasih antarsesama makhluk, bukan kekerasan dan konflik yang membuat suasana dunia menjadi mencekam.

Analisis Catatan Pelaku

Sementara itu, Tim gabungan Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat telah melakukan penggeledahan di rumah Mustopa, pelaku penembakan di kantor MUI Pusat yang mengaku sebagai 'wakil nabi'. Dari lokasi, polisi menyita sejumlah barang bukti di antaranya catatan-catatan yang kini tengah dianalisis.

"Pada kesimpulan awal sementara itu yang telah disampaikan oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya tentu (adanya) catatan-catatan, alat bukti yang ada di TKP ini menjadi bagian untuk kita lakukan analisis pada proses penyelidikan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (3/5).

Trunoyudo menyampaikan tim gabungan Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat sudah berangkat ke rumah Mustopa di Lampung sejak Selasa (2/5) malam.

"Dalam proses ini masih berkesinambungan, berkelanjutan tadi malam juga sudah diturunkan tim langsung dari Polda Metro Jaya menuju ke Lampung," katanya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com