Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Menag Copot Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap

Redaksi - Minggu, 09 Oktober 2022 09:38 WIB
477 view
Menag Copot Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap
Foto : ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.
Jakarta (SIB)

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mencopot Syahrin Harahap dari kursi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) imbas pemberian hukuman disiplin.

Sebagai penggantinya, Yaqut menunjuk Staf Ahli Menag bidang Hukum dan Moderasi Beragama Abu Rokhmad sebagai pelaksana tugas (Plt) Rektor UIN Sumut.

"Penunjukan Prof Abu sebagai Plt Rektor UIN Sumut seiring diperkuatnya keputusan atas hukuman disiplin kepada Rektor UIN Sumut, Prof Syahrin," kata Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie dalam keterangannya, Kamis (6/10).

Meski demikian, Kemenag tak merinci kasus apa yang menimpa Syahrin sehingga dicopot dari jabatannya.

Anna hanya menjelaskan hukuman disiplin diberikan kepada Syahrin berupa penurunan jabatan setingkat lebih rendah selama 12 bulan. Hal ini dianggapnya sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2021 tentang Upaya Administratif dan Badan Pertimbangan Aparatur Sipil Negara.

Anna juga mengatakan, sanksi itu sudah sesuai Peraturan Pemerintah No 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS. Hukuman yang diberikan juga didasarkan pada hasil sidang Dewan Pertimbangan Kepegawaian tingkat I, sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No 14 tahun 2021 tentang Dewan Pertimbangan Kepegawaian.

"Hukuman disiplin untuk Syahrin Harahap berlaku efektif mulai hari ini. Dia sudah bukan lagi guru besar, tapi Lektor Kepala.

Sehingga, tidak memenuhi syarat sebagai Rektor UIN Sumut," terang Anna.[br]



Lebih lanjut, Anna mengatakan, Surat Keputusan hukuman disiplin itu telah diserahkan kepada Syahrin pada 21 September 2022.

Selanjutnya, Syahrin mengajukan keberatan atas sanksi tersebut. Namun, Yaqut tetap memperkuat keputusannya untuk memberikan sanksi hukuman disiplin sesuai dengan kewenangan dan tata cara diatur ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Kemenag tentu tidak akan sewenang-wenang. Semua keputusan didasarkan pada regulasi," kata Anna.

Hingga berita ini ditulis, belum diperoleh pernyataan resmi dari Syahrin terkait pencopotan dirinya dari kursi Rektor UIN Sumut. (CNNI/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Menag Siapkan Sanksi ke Travel yang Nekat Bawa Jemaah Pakai Visa Nonhaji
Kemenag: Jemaat Umrah Harus Tinggalkan Saudi Sebelum 6 Juni 2024
Menag RI Minta Jajarannya Segera Dirikan Sekolah Menengah Katolik Negeri
Menag RI Minta Jajarannya Segera Dirikan Sekolah Menengah Katolik Negeri
Pesawat Jemaah Haji Keluarkan Percikan Api, Kemenag Tegur Garuda
Kanwil Kemenag Sumut dan IAIN Lhokseumawe Teken MoU, Perkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi
komentar
beritaTerbaru