Menag Yaqut: Santri Bisa Jadi Apa Saja, Termasuk Pemimpin Negara


256 view
Menag Yaqut: Santri Bisa Jadi Apa Saja, Termasuk Pemimpin Negara
Foto: Instagram
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta (SIB)


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut santri di Indonesia bisa menjadi apa saja. Termasuk menjadi kepala negara atau Presiden Republik Indonesia.

Yaqut menyampaikan itu saat upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 di kantor Kementerian Agama Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (22/10). Yaqut awalnya membahas peran serta santri saat masa penjajahan kolonial Belanda hingga kemerdekaan Indonesia.

Yaqut lanjut membahas peran santri yang kian beragam di era modern. Tidak hanya bidang keagamaan, saat ini santri bisa merambah dalam berbagai macam bidang, mulai dari politik hingga pendidikan.

"Pascakemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan di negeri. Santri tidak hanya asik dengan dirinya sendiri, tapi terlibat aktif dalam politik, pendidikan, sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya selain juga kegiatan agama," kata Yaqut.

Yaqut menilai keliru orang yang mengasosiasikan santri hanya dengan bidang agama. Lanjut Yaqut, santri bisa menjadi apa saja, termasuk menjadi kepala negara Republik Indonesia.

"Catatan ini menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu agama saja sangat tidak tepat. Santri sekarang telah mampu merambah di berbagai bidang profesi memiliki keahlian berbagai macam bahkan mampu menjadi pemimpin negara," jelasnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com