Kamis, 25 Juli 2024

Menag Yaqut Pantau Terus Kasus Mario Dandy: Tak Ada Damai

* Keluarga Tepis Isu Liar David Lecehkan AG
Redaksi - Sabtu, 04 Maret 2023 09:20 WIB
365 view
Menag Yaqut Pantau Terus Kasus Mario Dandy: Tak Ada Damai
Foto : Mukhammad Fadlil/detikJateng
Yaqut Cholil Qoumas 
Jakarta (SIB)
Menteri Agama sekaligus Ketum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan kondisi Cristalino David Ozora atau David, korban penganiayan Mario Dandy Satriyo, sudah membaik. Yaqut memastikan pihaknya akan memantau terus kasus tersebut.

"Alhamdulillah sudah membaik kondisinya. Kita pasti akan terus memantau kasus ini, memastikan bahwa ini ditangani dengan proses seadil-adilnya dan ini urusannya adalah urusan kriminal, tidak ada urusan lain di luar itu," kaya Yaqut kepada wartawan di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (2/3).

Yaqut mengatakan pihak keluarga David telah menyatakan tidak ada kata damai. Dia berharap proses hukum berjalan seadil-adilnya.

"Ya kita akan pastikan proses hukum berjalan sebaik-baiknya, seadil-adilnya, keluarga juga menyatakan tidak ada lagi damai, semua akan diserahkan pengadilan meskipun perilakunya dimaafkan," ujarnya.



Tepis Isu Liar
Sementara itu, keluarga mengatakan ada isu liar yang menyebut David melakukan pelecehan terhadap perempuan AG (15) sebelum dianiaya Mario Dandy Satriyo. Isu liar tersebut ditepis mentah-mentah oleh keluarga.

"Berita yang beredar di masyarakat bahwa David melakukan pelecehan dan itu dikembangkan oleh beberapa akun itu sama sekali kita tidak temukan dalam percakapan di handphone David dan handphone A. Sampai dengan hari ini kami yakin bahwa itu tidak ada," kata perwakilan keluarga David, Alto Luger, di RS Mayapada, Jakarta Selatan, Jumat (3/3).

Alto mengatakan isu liar David melecehkan AG tersebar di sejumlah akun media sosial. Sejumlah akun penyebar kabar tersebut pun telah diketahui pihak keluarga David.

Dia mengatakan pihaknya akan melakukan klarifikasi kepada pemilik akun. Menurut Alto, para pemilik akun didorong untuk memberikan kesaksian ke pihak kepolisian untuk membuktikan pernyataannya.[br]


"Kalau memang ada masyarakat terutama akun-akun itu yang mengatakan bahwa oh ini ada pelecehan yang dilakukan oleh anak David, kita akan panggil untuk jadi saksi. Kami akan panggil," katanya.


Mengundurkan Diri
Perempuan inisial AG (15), mengundurkan diri dari sekolahnya. Pengunduran diri itu diterima pihak sekolah pada 28 Februari.
Hal ini dibenarkan oleh pengacara AG, Mangatta Toding Allo.

"Iya benar," singkat Mangatta saat dimintai konfirmasi.

Pihak sekolah menyampaikan telah menerima surat pengunduran diri AG dari SMA Tarakanita 1. Hal itu tertuang dalam surat dari pihak SMA 1 Tarakanita kepada orang tua AG, yang dibenarkan oleh Mangatta.

"Kami telah menerima surat pengunduran diri AGH sebagai siswi SMA Tarakanita 1 Jakarta secara resmi pada tanggal 28 Februari 2023," ujar Kepala SMA Tarakanita 1, Sr Pauletta, dalam suratnya.



Tak Berpunya
Sementara itu, Shane Lukas (19) dijerat dengan pasal yang lebih berat dalam kasus Mario Dandy Satriyo. Orang tua Shane terkejut mendengar hal tersebut.

"Waktu saya kabarin, dia (orang tua) terkejut, 'kok begitu?' Dia nanya 'ancaman hukumannya berapa?', saya bilang ancaman hukumannya 9 tahun, bisa 12 tahun. 'Lha kok begitu, Pak, terus gimana?'," kata pengacara Shane Lukas, Happy Sihombing.

Menurut orang tua Shane, anaknya itu tidak ikut dalam perencanaan Mario Dandy. Shane, disebutnya, juga merekam atas tekanan Mario Dandy.

"Dia pengin ketemu dan kami ingin menjelaskan karena dia orang awam. Saya bilang soal pasalnya yang merencanakan itu, dia bilang 'anak saya kan nggak merencanakan, hanya memvideokan, itu pun atas tekanan si Mario'," tuturnya.[br]


Lanjutnya, ortu Shane stres lantaran anaknya terlibat dalam kasus ini. Soal ancaman pasal yang lebih berat, pihaknya menilai kurang tepat.

"Dia juga terkejut. Yang pertama, pasal tentang pembiaran aja dia stres. Apalagi sekarang seperti ini dengan ancaman hukumannya tinggi. Itu wewenangnya penyidik, tapi bagi kami kurang tepat," katanya.

Happy mengatakan Shane berasal dari keluarga tidak mampu. Orang tua Shane tinggal mengontrak.

"Shane ini anak penurut, anak baik. Dia orang nggak punya, tidak seperti Mario yang dipenuhi segala fasilitas. Orang tua Shane masih ngontrak," imbuhnya. (detikcom/c)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Puluhan Guru Honorer Demo Mapolda Sumut Tagih Penyelesaian Kasus PPPK di Langkat
Bobby Nasution Paparkan Strategi Kendalikan Inflasi Daerah
Lepas Tim Karate Bertanding ke Jakarta, Kapolda Sumut: Raih Prestasi dan Bawa Medali !
Kunjungi Rumah Rehabilitasi ODGJ, Adlin Tambunan: Kita Harus Saling Berbuat Baik
Hamzah Haz Wafat Saat Hendak Salat Duha
Nyalon Wakil Wali Kota Sibolga, Marojahan Panjaitan Dampingi Muhammad Fadhil Thoib Hutagalung
komentar
beritaTerbaru