Mencuat 14 Isu Krusial, RKUHP Dinilai Bernuansa Kolonial


345 view
Mencuat 14 Isu Krusial, RKUHP Dinilai Bernuansa Kolonial
Foto: Ist/harianSIB.com
 RKUHP Dinilai Bernuansa Kolonial.

Jakarta (SIB)

Pakar hukum Universitas Al Azhar Indonesia, Suparji Ahmad, menyoroti soal Rancangan KUHP (RKUHP) yang kini drafnya masih ditutup pemerintah. Suparji menilai RKUHP masih bernuansa kolonial karena pembaruannya tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan.

"Pada aspek substansi ada satu pandangan bahwa ini masih bernuansa kolonial, ketentuan-ketentuan dalam konteks pembaharuan belum sepenuhnya itu dilakukan," kata Suparji di Diskusi Polemik Trijaya 'Quo Vadis RKUHP', Sabtu (25/6).

"Misalnya soal penghinaan, kemudian misalnya tentang binatang yang lari ke kampung pekarangan orang lain. Jadi ini menurut saya memang suatu pandangan yang juga masih belum clear tentang nuansa kolonialisme itu," tambahnya.

Suparji juga menganggap, secara substansi, RKUHP ini belum sejalan dengan nilai-nilai hak asasi manusia (HAM) maupun demokrasi. Dalam hal ini soal kebebasan berekspresi yang malah bisa berpotensi dikenai pidana.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com