Mendagri: Gerakan Pembagian Merah Putih Spirit Perkuat Persatuan Bangsa


185 view
Mendagri: Gerakan Pembagian Merah Putih Spirit Perkuat Persatuan Bangsa
Foto: Antara/HO-Biro Adpim Jatim
BERIKAN BENDERA: Mendagri Tito Karnavian memberikan bendera Merah Putih kepada  perwakilan organisasi yang didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada program Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu (14/8). 

Surabaya (SIB)

Menteri Dalam NegeriTito Karnavianmenegaskan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih tak sekadar untuk dikibarkan, namun sebagai simbol spirit memperkuat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia.


"Program Pembagian Bendera Merah Putih diharapkan seluruh rakyat Indonesia semakin kuat menjaga dan mempertahankan NKRI," ujarnya di sela Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Minggu (14/8).


Program tersebut, kata dia, sengaja digelar secara seremoni dan menjadi penting agar terdengar oleh masyarakat bahwa tak sekadar bagi-bagi bendera, lalu disimpan dan dikibarkan begitu saja.


"Tapi yang lebih dari itu adalah arti atau makna. Itu yang terpenting," ucapnya.


Tito Karnavian mengisahkan bagaimana para pejuang dan pahlawan Kemerdekaan RI bertaruh nyawa saat akan mengibarkan Bendera Merah Putih dan di bawah ancaman desingan peluru bangsa penjajah.


Salah satu sejarah di Surabaya, kata dia, menjadi tonggak bangsa Indonesia bisa bertahan dan merdeka sampai saat ini usai peristiwa 10 November 1945 yang mengorbankan para pejuang dari berbagai daerah.


"Diawali dari Perintah Presiden Soekarno pada 31 Agustus 1945 untuk mengibarkan Merah Putih mulai 1 September. Saat itu juga sekutu dari tentara Inggris datang dan diboncengi oleh Belanda untuk kembali menjajah. Hingga peristiwa perobekan Bendera Belanda 19 September 1945 di Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit)," katanya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com