Mendagri Ancam Copot Kepala Daerah yang Tak Mampu Kendalikan Inflasi


208 view
Mendagri Ancam Copot Kepala Daerah yang Tak Mampu Kendalikan Inflasi
Dok. Arsip Kemendagri
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Jakarta (SIB)

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan bahwa kepala daerah yang tak mampu mengendalikan inflasi akan dicopot dan diganti penjabat (pj).

Penegasan dan ancaman itu disampaikan Tito sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Bapak Presiden juga menegaskan bahwa jika ada performa yang tidak bagus, kapan saja bisa diganti dengan pj,” kata Tito di Kantor Kemendagri, Senin (6/11).

Tito mengaku sudah beberapa kali mengganti kepala daerah yang tak mampu menangani inflasi. Dia menegaskan tindakan ini akan terus dilakukan. “Ada beberapa yang sudah ganti dan saya akan konsisten melaksanakan itu,” tegasnya.

Sementara, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan komoditas beras menjadi penyumbang terbesar pada inflasi tahunan Oktober 2023 yang tercatat sebesar 2,56 persen (year on year). Terhitung ada peningkatan indeks harga konsumen (IHK) dari 112,75 pada Oktober 2022 menjadi 115,64 pada Oktober 2023.

Adapun bila ditinjau berdasarkan wilayah, maka seluruh kota tercatat mengalami inflasi tahunan, di mana 54 kota mencatatkan IHK lebih tinggi dari inflasi nasional. Masih berdasarkan data BPS, inflasi tertinggi terjadi di Kota Tanjungpandan, yakni sebesar 5,43 persen.

Selanjutnya, kota dengan inflasi tertinggi lainnya adalah Sumenep dengan inflasi 5,29 persen, Merauke 4,89 persen, Luwuk 4,25 persen, Kotabaru 4,12 persen, dan Maumere 4,07 persen. Sedangkan kota dengan inflasi terendah adalah Jayapura sebesar 1,43 persen. (Detikcom)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com