Mendagri Tak akan Tunjuk Lagi Pj Kepala Daerah TNI/Polri Aktif

* Susun Permendagri Pj Kepala Daerah Bisa Diusulkan DPRD

429 view
Mendagri Tak akan Tunjuk Lagi Pj Kepala Daerah TNI/Polri Aktif
(Foto: Dok. Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian 

Kembali lagi ke alasan penunjukan Brigjen TNI Andi Chandra As'aduddin sebagai Pj Bupati Seram Bagian Barat. Menurut Tito, penunjukan sosok Andi karena dinilai menjadi sosok yang dapat menyelesaikan konflik di lokasi, selain itu penunjukan figur Andi juga melalui diskusi bersama gubernur.

"Makanya untuk Seram Bagian Barat ini saya diskusi sama Pak Guberbur (dalam rapat Tim Penilai Akhir), harus diisi figur yang bisa atasi konflik, karena kebutuhan penyelesaian konflik," ujarnya.

Dari Kalangan Sipil

Tito mengatakan, ke depan pemerintah akan mengajukan PJ kepala daerah dari kalangan sipil. "Kita melihat ke depan, kita, dari hasil rapat Menkopolhukam, keinganan seperti itu, kita juga menghargai civil society jadi yang diajukan adalah pejabat sipil," tuturnya.

Bisa Diusulkan DPRD

Tito Karnavian mengaku sedang menyusun Peraturan Mendagri (Permendagri) tentang aturan teknis pengangkatan Penjabat (Pj) kepala daerah. Dalam aturan yang sedang dirancang itu, nantinya pihak DPRD dapat mengusulkan 3 nama calon Pj.

Tito mengaku hal tersebut berdasarkan usulan dari masyarakat yang menginginkan agar penunjukan Pj lebih demokratis dan transparan.

"Memang ada beberapa aspirasi yang menginginkan agar mekanisme yang lebih demokratis dan transparan. Kita melihat demokratis ini kan tidak mungkin kita adakan Pilkada kan untuk penjabat ini, ini kan penugasan, sifatnya penugasan, undang-undang mengatakan demikian. Jadi kita akan membuka mekanisme meminta masukan kepada DPRD," kata Tito Karnavian.

Tito mengatakan calon Penjabat Gubernur dapat diusulkan melalui DPRD provinsi sebanyak 3 nama, dan 3 nama dari tim Kemendagri. Setelah itu 6 nama tersebut akan dikerucutkan menjadi 3 nama hingga dirapatkan dan presiden memutuskan siapa yang akan diangkat dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com