Mendikbud Ristek Cabut Izin Institut Teknologi Medan


286 view
Mendikbud Ristek Cabut Izin Institut Teknologi Medan
Foto: SIB/Eddy Bukit
Kampus ITM di Jalan Gedung Arca Medan yang telah dicabut izinnya.
Medan (SIB)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Anwar Makarim BA MBA mencabut izin pendirian Institut Teknologi Medan (ITM). Pencabutan izin dilakukan gara-gara dualisme pengurus yayasan kampus ITM tidak kunjung selesai.

Kepala Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah I Sumut Prof Ibnu Hajar melalui Humas Abd Azis Tambunan yang dikonfirmasi wartawan, Kamis (7/10) mengatakan, ITM Dicabut Izin pengelolaannya terhitung 4 Oktober, sesuai SK Menteri Pendidikan No 438/E/0/2021, didasarkan adanya konflik di Yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna sebagai badan yang mengelola ITM.

Dikatakannya, sesuai SK Menteri itu, ITM harus menghentikan segala kegiatan akademik dan non akademik, serta tidak boleh lagi menerima mahasiswa baru .

Dalam SK menteri yang ditandatangani oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Nizam juga disebutkan, Kepala LL Dikti Sumut Prof Ibnu Hajar ditugaskan sebagai pejabat Rektor ITM dan Sekretaris Pelaksana LL Dikti Sumut Dr Mahriyuni MHum sebagai Dekan di ITM , selama 3 bulan ditugaskan menyelesaikan urusan wisuda dan Ijazah mahasiswa ITM yang sudah lulus/selesai SKS perkuliahan, skripsi dan sebagainya. Diperkirakan ada 800 mahasiswa yang tertunda wisuda dan belum menerima ijazah.

Kepala LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara ditugaskan untuk menjadi pejabat Rektor ITM. Tugas pejabat Rektor ini untuk menyelesaikan persoalan akademik di kampus ITM.

ITM diminta menyelesaikan persoalan akademik yang ditimbulkan dari ditutupnya 10 prodi di ITM. Segala biaya yang ditimbulkan akibat penutupan ini dibebankan kepada pihak ITM.

ITM berkampus di Jalan Gedung Arca 52 Medan, Kecamatan Medan Kota. ITM di bawah yayasan Pendidikan dan Sosial Dwiwarna Medan berdiri sejak 27 Mei 1963. (A2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com