Menkes: Kontak Erat Corona B117 Karawang Sudah Dites, Semuanya Negatif

* Empat Warga Positif Corona Inggris Kembali Ditemukan, Satu di Antaranya di Medan

196 view
Menkes: Kontak Erat Corona B117 Karawang Sudah Dites, Semuanya Negatif
(Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menkes, Budi Gunadi Sadikin
Jakarta (SIB)
Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan perkembangan mengenai pelacakan kontak erat kasus virus Corona B117 dua orang warga Karawang. Budi menyampaikan semua kontak erat sudah dites dan hasilnya negatif.

"Untuk dua kasus yang pertama yang datang dari Arab Saudi kasus Karawang semua kontak eratnya sudah dites dan mereka negatif," kata Budi dalam konferensi virtual, Senin (8/3).

Budi mengatakan karantina yang dilakukan di Bandara Soekarno Hatta cukup baik. Kedua orang yang positif varian Corona Inggris itu pulang dengan kondisi sudah tidak menularkan virus.

"Jadi alhamdulillah karantina di airport Soekarno Hatta cukup baik sehingga begitu mereka positif, stay dulu sempat sebentar direfer ke rumah sakit dan akhirnya mereka sembuh dan mereka dilepas ke Karawang, ke rumahnya dalam kondisi sudah tidak menularkan penyakit," kata Budi.

Dalam kesempatan ini, Budi juga menyampaikan bahwa pemerintah kembali menemukan warga Indonesia yang terkonfirmasi positif varian Corona Inggris. Mereka tersebar di berbagai daerah.

"Untuk varian baru yang dari London memang di luar dari yang dua kemarin, yang sudah kita identifikasi, hasil kerja sama lab antara Kemenkes dengan Kemeristek/BRIN sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi," kata Budi.

"Satu di Palembang Sumatera Selatan tanggal 11 Januari, kemudian satu lagi ada di Kalimantan Selatan tanggal 6 Januari, ada satu juga di Balikpapan Kalimantan Timur 12 Februari kemudian yang keempat yang ada di Medan, Sumatera Utara 28 Januari," sambung Budi.

Keempat orang yang dinyatakan positif Corona Inggris itu kini sudah dinyatakan sembuh. Pemerintah saat ini masih melakukan tracing kontak erat keempat orang tersebut.

"Keempatnya ini sudah dites positif genome sequencing nya juga positif, strain baru dari UK dan mereka sudah sembuh dan sudah keluar. Untuk tindaklanjutnya kita sedang melakukan surveillance terhadap kontak erat mereka dan sedang kita kejar agar bisa kita tes," ujar Budi. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com