Soroti Makanan dan Minuman Miliki Kadar Gula Tinggi

Menkes Ungkap 13 Persen Penduduk Indonesia Alami Diabetes


203 view
Menkes Ungkap 13 Persen Penduduk Indonesia Alami Diabetes
Foto : Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden
Menkes RI Budi Gunadi Sadikin.

Jakarta (SIB)


Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin menyoroti makanan dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi dan berpotensi menimbulkan penyakit diabetes. Budi mengungkap 13 persen dari penduduk Indonesia mengalami penyakit diabetes.

"Memang diabetes di Indonesia tuh naik tinggi dari tahun ke tahun. Terakhir apa yang saya lihat 13 persen dari penduduk Indonesia itu diabetes," kata Budi kepada wartawan di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Senin (26/9).

Budi mengatakan, penyakit diabetes adalah ibu dari segala penyakit. Sebab, menurut dia, ketika seorang mengalami penyakit diabetes, maka akan timbul penyakit-penyakit lainnya.

"Diabetes ini adalah mother of all diseases, orang bilang. Jadi kalau diabetesnya lama dia bisa menjadi penyebab penyakit ginjal, cuci darah, stroke, jantung, dan banyak penyakit tidak menular lainnya," ucap Budi.

Budi mengimbau masyarakat agar tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebihan. Budi juga meminta agar kadar gula dalam makanan dan minuman dapat dikurangi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com