Buka #DemiIndonesia di Palembang

Menkominfo Ingatkan, Masih Ada Warga yang Percaya Disinformasi Sebagai Fakta


238 view
Menkominfo Ingatkan, Masih Ada Warga yang Percaya Disinformasi Sebagai Fakta
(Foto: Detikcom/Rio Roma Dhoni)
SAMBUTAN: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi memberi sambutan saat membuka acara #DemiIndonesia Cerdas Memilih di Palembang, Senin (22/1). 
Jakarta (SIB)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI Budi Arie Setiadi membuka #DemiIndonesia Cerdas Memilih di Palembang. Budi datang menggunakan baju putih dengan memakai tanjak berwarna oranye keemasan.
Dalam sambutannya, Budi mengingatkan tentang kekacauan informasi atau disinformasi. Dia menilai masih ada warga yang percaya disinformasi sebagai fakta.
"Kekacauan informasi ini hampir 90% orang percaya kalau itu fakta," ujar Budi Arie di Gedung The Sultan Convention Center Palembang, Senin (22/1).
Budi mengatakan, disinformasi tak bisa dihindari. Dia mengatakan produksi dan narasi informasi yang sampai ke publik sangat cepat.
"Kekacauan ini marak dan tidak lagi bisa dihindarkan. Proses produksi berjalan begitu cepat, narasi, produk media, dan distribusi yang pesat," lanjutnya.
Dia mengajak peserta yang hadir untuk melawan disinformasi, termasuk hoaks. Menurutnya, hal itu menjadi kewajiban semua lini masyarakat termasuk pemilih pemula.
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dalam sambutannya menerangkan pihaknya ingin menyukseskan Pemilu 2024. Dia menyebutkan Pemprov Sumsel telah meneken Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) serentak di seluruh kabupaten/kota terkait pendanaan Pilkada.
"Di saat daerah lain masih bingung untuk mencari pendanaan untuk pelaksanaan pilkada, Sumsel menjadi daerah pertama yang melakukan penandatangan NPHD serentak untuk kabupaten/kota pertama di Indonesia," ujarnya.
Fatoni juga mengatakan Pemprov Sumsel bersama Forkopimda telah deklarasi Pemilu damai. Dia bangga wilayahnya jadi lokasi penyelenggaraan #DemiIndonesia.
"Kami bangga Sumsel dipilih menjadi lokasi Pemilu Damai (#DemiIndonesia Cerdas Memilih). Kita bersyukur bisa berkumpul di sini bersama pemilih pemula se-Sumsel setelah sebelumnya kegiatan serupa kita gelar yang hadirkan 17 ribu orang. Ini merupakan bagian dari upaya kita memastikan bahwa pemilih pemula ikut serta dalam memilih pada 14 Februari nanti," ujar Fatoni.
Menurutnya, keikutsertaan pemilih pemula dalam Pemilu 2024 merupakan bentuk kecintaan pada negeri.
"Gunakan hak pilih kalian, coblos pemimpin untuk masa depan kita," ucapnya.
Adapun Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa meminta pemilih pemula cerdas dalam menentukan pemimpin. Dia berharap anak-anak muda bisa menentukan pilihan untuk kemajuan Indonesia.
"Saya harap 53,17 persen pemilih pemula yang menentukan masa depan bisa cerdas memilih dan harus datang ke TPS tanggal 14 Februari nanti. Saya yakin pemilih pemula Kota Palembang sudah mampu menentukan pilihan yang baik untuk kemajuan Indonesia," ungkapnya
Ratu Dewa juga menilai event yang digelar detikcom dan Kemenkominfo RI sangat baik untuk mengedukasi masyarakat dalam Pemilu 2024.
"Ini sangat baik, apalagi untuk pemilih pemula, untuk menciptakan pemilu damai 2024," ujarnya. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com