Demi Indonesia Cerdas Memilih

Menkominfo Minta Kampanye Pemilu Damai Bebas Hoaks


245 view
Menkominfo Minta Kampanye Pemilu Damai Bebas Hoaks
(Foto: Irawan/detikcom)
Menkominfo di Acara #DemiIndonesia 
Batam (SIB)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mendorong agar kampanye Pemilu 2024 berjalan damai.
Hal tersebut diungkapkan Budi Arie saat membuka acara #Demi Indonesia Cerdas Memilih yang digelar di Kota Batam, Kepulauan Riau .
Budi mengatakan, pemilih pada Pemilu 2024 harus cerdas, dan menjaga ruang digital agar tetap sehat, bijak, dan kondusif.
"Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk meningkatkan literasi digital dan tidak mudah percaya berita, apalagi menyebarkan hoaks," kata Budi Arie Setiadi dalam sambutannya, Jumat (12/1).
Budi menjelaskan, sebanyak 42 persen warga Indonesia masih percaya berita hoaks soal pemilu. Hal ini menjadi tantangan yang harus diantisipasi.
"Kemudahan menkonsumsi hoaks ini mencederai demokrasi Pemilu 2024," ucapnya.
Budi Arie kemudian mengungkapkan tiga cara awal untuk mengantisipasi hoaks. "Untuk itu, kita antisipasi dengan 3 cara pertama meningkatkan literasi digital, kemudian melakukan patroli siber 24 jam lalu kami mendukung Polri untuk melakukan penegakan hukum dengan memberikan data," ungkapnya.
Seperti diketahui, Demi Indonesia Cerdas Memilih dipandu oleh Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting, dengan dihadiri Menkominfo Budi Arie Setiadi, Ketua KPU Provinsi Kepulauan Riau Indrawan Susilo Prabowoadi, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau Zuldhadril Putra, Waka Polda Kepulauan Riau, Brigjen Pol Asep Safrudin, Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Jimmy Watuseke.
Ada juga Waki Rektor 3 Umrah Dr. Suryadi, S.P., M.H, Ketua KPID Kepulauan Riau Henky Mohari, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Wali Kota Batam yang juga Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Pj Wali kota Tanjungpinang Hasan. Mereka akan menyerukan pentingnya persatuan dan kesatuan untuk terwujudnya pemilu damai.
Agenda ini akan makin seru saat sesi hiburan stand up comedy. Panca Panjaitan akan menghibur dengan jokes atas keresahannya tentang 'karakter pemilih di Indonesia'.
Acara #Demi Indonesia Cerdas Memilih didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Telkomsel. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com