Menkominfo Ungkap 284 Kabupaten/Kota Belum Beralih ke TV Digital


159 view
Menkominfo Ungkap 284 Kabupaten/Kota Belum Beralih ke TV Digital
Foto: iStockphoto/simpson33
Ilustrasi 

Jakarta (SIB)

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menjabarkan capaian pelaksanaan analog switch off (ASO), yang diterapkan sejak 2 November. Johnny menyebut masih ada 93 wilayah layanan atau 284 kabupaten/kota yang belum beralih ke TV digital.

"Terdapat 225 wilayah layanan siaran di Indonesia dan analog switch off sudah dilakukan di 132 wilayah layanan atau 230 kabupaten atau kota. Masih tersisa 93 wilayah layanan di 284 kabupaten atau kota yang akan dilakukan sesuai kesiapannya masing-masing," papar Johnny dalam rapat kerja bersama Komisi I di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/11).

Johnny menyebut, seluruh lembaga penyiaran di Jabodetabek sudah menerapkan analog switch off. Ia pun tak menampik jika awalnya ada keraguan dalam penerapan tersebut.

"Khusus di di Jabodetabek, seluruh 25 lembaga penyiaran telah menghentikan siaran analog. Pada saat awal memang terdapat keragu-raguan terkait ASO di Jabodetabek. Tetapi, pada pelaksanaan akhirnya, saat ini seluruh masyarakat bisa menikmati siaran full digital dengan baik," kata dia.

Dia mengatakan, dari 580 lembaga penyiaran, 77 di antaranya sudah bersiaran secara digital. Sementara itu, 503 lembaga penyiaran bersiaran secara simulcast, yakni siaran analog dan digital secara bersamaan.

"77 lembaga penyiaran telah bersiaran secara digital dan 503 penyiaran bersiaran secara simulcast," tutur Johnny.

Untuk 284 kabupaten atau kota yang belum diterapkan ASO, pemerintah tengah mempersiapkan infrastrukturnya. Penerapan, lanjut dia, dilakukan secara bertahap.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com