Menpan RB Ajak ASN hingga TNI-Polri Lawan Hoaks


323 view
Menpan RB Ajak ASN hingga TNI-Polri Lawan Hoaks
(KOMPAS.com/AJI YK PUTRA)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) di Palembang,Sumatera Selatan, Jumat (27/11/2020).

Jakarta (SIB)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengajak aparatur sipil negara (ASN) hingga jajaran TNI-Polri untuk melawan informasi hoaks.

"Saya selaku Menpan RB mengajak kepada seluruh teman-teman ASN, termasuk jajaran TNI dan Polri, khususnya jajaran staf dan pimpinan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk melawan hoaks," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis, Minggu (21/3).

Tjahjo menyebut, saat ini hasutan yang berisi ujaran kebencian begitu gampang disebarkan dengan berbagai modusnya, terutama lewat dunia maya.

Menurut dia, hal itu harus diwaspadai karena hasutan yang berisikan kebencian sangat berbahaya. Sebab, hasutan tersebut bisa mengancam kesatuan dan persatuan masyarakat, memicu konflik antar kelompok masyarakat, bahkan mengancam keberagaman dan keutuhan NKRI itu sendiri.

"Karenanya seluruh ASN harus waspada terhadap hasutan-hasutan yang berisi ujaran kebencian," kata dia.

Tjahjo mengatakan, kebebasan berpendapat yang disampaikan warga pada dasarnya dijamin konstitusi. Namun, kebebasan itu tidak lantas kemudian disalahgunakan dengan bebas mencaci maki, saling menghujat, saling menghina, atau saling mencemarkan nama baik di ranah publik. Terlebih, menghasut orang lain untuk saling membenci terhadap kelompok masyarakat lainnnya.

"Maka, negara tidak boleh membiarkan warganya bebas saling mencaci maki , saling menghujat, saling menghina atau saling mencemarkan nama baik di ranah publik. Itu spirit dari Pasal 27 Ayat 3 UU ITE," kata Tjahjo. (Kompas.com/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com