Menteri Azwar Anas dan Asosiasi Pemda Cari Formula soal Tenaga Non-ASN


346 view
Menteri Azwar Anas dan Asosiasi Pemda Cari Formula soal Tenaga Non-ASN
(Lucas/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Menpan-RB Abdullah Azwar Anas

Jakarta (SIB)

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) terus berupaya menyelesaikan permasalahan tenaga non-ASN.


Menpan-RB Abdullah Azwar Anas pun telah berdialog dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) terkait permasalahan tersebut.


Rencananya, Anas juga akan menggelar dialog dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Dialog tersebut dilakukan guna mencari solusi terkait tenaga non-ASN.


"Kemenpan-RB sudah berdialog dengan Apkasi dan akan berdialog dengan Apeksi serta APPSI, serta kami siap untuk mengurai ini bersama tim dari APPSI, Apkasi, dan Apkasi untuk membahas formula-formula terkait tenaga Non-ASN ini," ujar Anas, melalui keterangan tertulis, Jumat (9/9).


Anas mengatakan, terkait tenaga non-ASN memang menjadi masalah yang kompleks dan harus diurai satu persatu agar bisa diselesaikan secara bijak. Dia pun memastikan pemerintah terus berupaya menjaga keseimbangan antara efektivitas pelayanan ASN dengan kebutuhan organisasi.


"Prinsipnya, kami terus berupaya menjaga keseimbangan antara efektivitas pelayanan ASN kepada masyarakat dengan kebutuhan organisasi; serta antara keinginan untuk membuka lapangan kerja dengan anggaran SDM yang wajar pada setiap instansi pemerintah,” ujar Anas.


Dalam hal ini, lanjut Anas, Kemenpan-RB sudah menyiapkan solusi untuk tenaga non ASN guru dan tenaga kesehatan yang merupakan pelayanan dasar yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Namun, kata dia, solusi ini masih perlu dibahas lebih lanjut.


"Sedangkan untuk tenaga fungsional teknis serta tenaga administrasi lainnya, masih perlu dibahas lebih lanjut. Kami segera urai bersama dan cari formula terbaiknya bersama stakeholder," papar Anas.


Anas mengatakan, Kemenpan-RB juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi terkait kebutuhan guru.


Begitu juga dengan tenaga kesehatan, yang pendataan tenaga non-ASN telah dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com