Menteri BUMN Angkat Twedy Ginting Jadi Komisaris Pertagas

* Alumnus SMA Negeri 12 Medan, Anak Pedagang Sayur di Pasar Kampung Lalang

608 view
Menteri BUMN Angkat Twedy Ginting Jadi Komisaris Pertagas
Foto Istimewa
Twedy Ginting sebagai Komisaris PT Pertamina Gas (Pertagas)

Medan (SIB)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Erick Thorir mempercayakan Twedy Ginting sebagai Komisaris PT Pertamina Gas (Pertagas), unit usaha dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) yang merupakan Subholding Gas Pertamina. Twedy Ginting merupakan lulusan SMA Negeri 12 Medan, yang ibunya berprofesi sebagai penjual sayur-sayuran di Pasar Kampung Lalang Medan.


Diketahui, Pertagas merupakan perusahaan yang bergerak dalam sektor infrastruktur gas (midstream) dan hilir (downstream) industri gas Indonesia di bawah PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, yang merupakan Subholding Gas Pertamina sejak 11 Maret 2018.


Diwawancara melalui telepon seluler, Rabu (17/11), Twedy Ginting membenarkan dirinya ditetapkan sebagai Komisaris PT Pertamina Gas pada 19 Oktober 2021. Diakui, Twedy juga pernah menjadi anggota Komite Manajemen Resiko PT Pertamina Gas pada Juni 2019.


Diungkapkan, dirinya sangat berterimakasih kepada Kementerian BUMN, Pertamina dan PGN selaku pemegang saham, atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepadanya. Diharapkan, kehadirannya dapat membantu Pertagas menjadi yang terdepan dalam pengembangan rantai pasok gas di Indonesia.


Perlu diketahui, kepercayaan yang diberikan Menteri BUMN itu merupakan kebanggaan bagi Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan, karena Twedy diketahui lahir di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, pada 20 November 1982. Setelah lulus dari SMA Negeri 12 Medan, Twedy juga merupakan Sarjana Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran dan Pascasarjana Magister Administrasi Publik Kajian Kebijakan Publik di Universitas Moestopo.


Twedy juga telah mengikuti beberapa pelatihan sertifikasi kompetensi, yakni sertifikasi digital marketing profesional serta pelatihan leadership compentency lainnya. Twedy juga alumnus Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 48 Lemhannas RI Tahun 2012. Pada tahun 2009-2017, Twedy pernah berkarier menjadi tenaga ahli di DPR RI. Kemudian pada tahun 2017-2019, Twedy dipercaya mengemban amanah sebagai Tenaga Ahli Madya di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.


Pada Juni 2019, Twedy ditetapkan sebagai Anggota Komite Manajemen Risiko PT Pertamina Gas dan Anggota Komite Manajemen Risiko PT Saka Energi Indonesia pada November 2019. Lalu di tahun 2021, dia dipercaya menjabat Komisaris Utama PT Mitra Tekno Madani di PNM Group.


Selain memiliki pengalaman sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi, Twedy juga dikenal berperan aktif di organisasi kepemudaan yang bergerak di bidang sosial ekonomi, serta aktif sebagai analis kebijakan publik untuk beberapa riset lembaga non-pemerintahan. (A16/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com