Menteri LHK dan Kepala Daerah se-Kawasan Danau Toba Bahas Pencemaran Lingkungan Hingga Tanah Adat


378 view
Menteri LHK dan Kepala Daerah se-Kawasan Danau Toba Bahas Pencemaran Lingkungan Hingga Tanah Adat
Foto Dok/Pemkab Simalungun
PENJELASAN: Menteri LHK Siti Nurbaya (kiri) ketika memberikan penjelasan kepada Wakil Bupati Simalungun Zonny Waldy di Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Simalungun, Jumat (11/6).
Parapat (SIB)
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya rapat bersama kepala daerah se-kawasan Danau Toba untuk membahas pencemaran lingkungan dan dinamika masyarakat seputaran Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Danau Toba, di Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun, Jumat (11/6).

Sesuai dengan roundown acara, Menteri LHK Siti Nurbaya dan rombongan direncanakan berada di kawasan Danau Toba, selama tiga hari sejak Jumat (11/6) hingga Minggu (13/6), untuk duduk bersama beberapa kepala daerah yaitu Bupati Simalungun, Dairi, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Toba, Dairi dan Phakpak Barat untuk membahas pencemaran lingkungan dan dinamika masyarakat.

Selain itu, membahas tanah adat Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL), Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL), Food Estate serta program-program pembangunan. Namun rapat itu dilaksanakan tertutup di Niagara Hotel.

Selanjutnya, hari ke dua, Sabtu (12/6) rombongan Menteri LHK dijadwalkan meninjau persemaian modern di Desa Sibisa Kabupaten Toba, Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Desa Simangulampe dan penanaman di Desa Pearung, Kabupaten Humbanghasundutan.

Pada hari ke tiga, Minggu (13/6) Siti Nurbaya berdiskusi dengan Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat (KSPPM) terkait PSKL dan berdiskusi dengan Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSBLB3). Setelah itu menteri akan bertolak kembali ke Jakarta.

Rapat yang dipimpin Menteri LHK itu dihadiri Wakil Bupati Simalungun Haji Zonny Waldi, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus, Bupati Humbanghasundutan Dosmar Banjarnaor, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Simalungun Misliani Boru Saragih, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toba Mintar Manurung, Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo dan para undangan.(D9/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com