Meski SK DPP Ditolak, Pemberhentian Landen Marbun Final dan Mengikat

* Belum Disetujui DPP, Konferda GAMKI Sumut di Tapteng Tetap Dilaksanakan

354 view
Foto Dok
Landen Marbun
Medan (SIB)
Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (DPD-GAMKI) Sumut melayangkan surat pernyataan sikap kepada DPP GAMKI menolak SK pemberhentian Landen Marbun dari Ketua DPD GAMKI Sumut, Jumat (26/3). Surat bernomor 11250/D/DPD-GAMKI/SU/III/21 tersebut ditandatangani Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Komunikasi Tigor Dolly Simarmata, SPt dan Sekretaris Alfan HR Sihombing SH.

Isi surat tersebut menolak SK DPP GAMKI nomor: 110700/SU-GAMKI/INT/K/III/2021 tentang pemberhentian Ketua DPD GAMKI Sumut, penunjukan pelaksana tugas Ketua DPD GAMKI Sumut dan pengaktifan kembali kepengurusan GAMKI Sumut. DPD GAMKI Sumut tidak akan melaksanakan Konferensi Daerah (Konferda) sampai batas waktu akhir Maret 2021 sesuai surat DPP nomor:110566/SU-GAMKI/INT/B/I/2021 tanggal 19 Januari 2021 perihal persetujuan pelaksanaan Konferda, apabila DPP tidak menerima permintaan DPD mencabut pemberhentian Landen Marbun.

Kemudian DPP GAMKI Pusat melalui surat nomor: 110703/SU-GAMKI/INT/BIII/2021 yang ditandatangani Ketua Umum Willem Wandik dan Sekum Martin P Sinurat, Sabtu (27/3), menjawab surat DPD GAMKI Sumut. DPP menegaskan bahwa pemberhentian Landen Marbun, menunjuk pelaksana tugas dan mengaktifkan kembali aktivitas adalah final dan mengikat. Hal itu sesuai dengan kesimpulan akhir dari hasil kerja Tim Pencari Fakta Pencatutan Nama Organisasi GAMKI (TPF PNO GAMKI) dan hasil darpat DPP GAMKI.

Terkait permohonan perpanjangan pelaksanaan Konferda dapat diajukan oleh DPD dengan memperjelas jadwal, waktu dan tempat pelaksanaan Konferda. DPP GAMKI akan mempertimbangkan lebih lanjut sesuai aturan organisasi yang berlaku. Kemudian, DPP meminta DPD GAMKI Sumut untuk mengirimkan pemberitahuan pelaksanaan Konferda dengan tata administrasi organisasi dan surat menyurat yang sesuai dengan mekanisme organisasi serta berdasarkan kebijakan dan keputusan DPD GAMKI Sumut yang ditunjukkan melalui lampiran hasil rapat dan daftar kehadiran peserta rapat.

Padahal, rapat DPD GAMKI lewat tatap muka dan zoom meeting dipimpin Plt Ketua Tigor Dolly Simarmata, Jumat (26/3) sempat memutuskan untuk melaksanakan Konferda GAMKI Sumut, Sabtu–Minggu (27-28 Maret) di Tapteng. Lewat keputusan tersebut, DPD GAMKI mengundang DPC se- Sumut dan DPP untuk hadir pada Konferda. Seiring keputusan pelaksanaan Konferda tersebut, sejumlah DPC sudah ada yang berangkat ke Tapteng, padahal keputusan DPP meminta DPP menjadwal ulang pelaksanaan Konferda, sehingga rencana Konferda di Tapteng sebenarnya otomatis ditunda lagi.

Namun Konferda di Tapteng tetap dilaksanakan, Sabtu (27/3) malam di Gedung Serba Guna Pandan, Tapteng. Plt Ketua DPD GAMKI Sumut Tigor Simarmata kepada wartawan membenarkan Konferda tetap dilaksanakan karena undangan sudah berjalan dan rencana ini sudah terprogram secara matang. Terkait hadir atau tidaknya DPP menurut dia tidak menjadi masalah. Ketika disinggung soal permintaan DPD untuk perpanjangan masa Konferda dan disetujui oleh DPP, Tigor mengatakan DPP belum mencabut SK tanggal 19 Januari tentang masa perpanjangan kepengurusan DPD GAMKI Sumut sampai akhir Maret 2021.

“SK DPP GAMKI tentang perpanjangan masa kepengurusan DPD GAMKI Sumut sampai akhir 2021 belum dicabut DPP. Padahal Konferda sudah terjadwal tanggal 26-28 di Tapteng. Tapi karena adanya pembekuan kepengurusan DPD oleh DPP dan meminta DPD menghentikan segala aktivitas, maka jadwal tertunda. Tapi DPP sudah memperbolehkan lagi DPD beraktivitas, maka kita laksanakanlah Konferda karena panitia sudah menyiapkannya,” tegas Tigor.

Sementara Sekretaris DPD GAMKI Sumut Alfan Sihombing menegaskan, DPP sudah menyetujui permohonan perpanjangan jadwal Konferda. Seharusnya DPD mematuhi apa yang disampaikan DPP Pusat. Karena kalau dilanggar, maka Konferda DPD GAMKI Sumut di Tapteng bisa dianggap DPP tidak sah. (A8/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com